SULTRAKINI.COM: KOLTIM- Air Terjun Tetewa yang terletak di Desa Alaha Kecamatan Uesi bakal menjadi destinasi baru di Kabupaten Koltim, keindahan alamnya memukau pengunjung, air yang jatuh disepanjang bibir sungai begitu eksotis ditambah endemik flora dan fauna yang berada disana menambah pesona Air Terjun Tetewa itu sendiri.

Wajib Dikunjungi, Air Terjun Tetewa Suguhkan Pesona Eksotik
Salah satu spot destinasi wisata Air Terjun Tetewa, Koltim. (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

Untuk menikmati pesona Air Terjun Tetewa pengunjung  dapat berkunjung  dengan akses pintu masuk Konsel-Koltim, Unaha-Koltim, Kolaka Koltim. Akses masuknya dapat melalui jalur Kecamatan Mowewe-Tinondo dengan jarak tempuh kurang lebih empat jam dari ibukota Koltim.

Terpilihnya Air Terjun Tetewa sebagai destinasi baru, pihak Pemda Koltim melalui dinas terkait membangun fasilitas penunjang seperti pendopo, toilet, panggung pertunjukan, mesjid  dan jembatan sepanjang bibir sungai yang dialiri air terjun untuk kenyamanan pengunjung. Tidak tanggung-tanggung anggaran sebesar Rp 1,7 miliar yang berasal dari DAK digelontorkan demi pembangunan fasilitas Air Terjun Tetewa.

Air Terjun Tetewa di Kabupaten Kolaka Timur, kini menjadi objek wisata andalan di daerah itu. (Foto: dok/SULTRAKINI.COM)

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Koltim, Andi Muhtar Syamsuddin, mengatakan berkunjung ke Air Terjun Tetewa pengunjung dapat menikmati panorama alam sepanjang perjalanan. "Masyarakat akan disuguhkan panorama alam, diantaranya Hutan Pinus, tempat selfie di Puncak Wesalo dan kampung tua suku setempat di Desa Lambotuo Kecamatan Mowewe,” katanya.

Subhan Jaya selaku Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Koltim, juga mengatakan berwisata ke Air Terjun Tetewa merupakan wisata kompleks karena selain mengunjungi air terjun dan menikmati panorama alam sepanjang jalan, pengunjung juga dapat menikmati wisata budaya  yang dilestarikan, seperti tari-tarian dan adat istiadat penduduk setempat.

"Kami semakin berbenah mengeksplor potensi Koltim sebagai daerah yang dilintasi," ujarnya.

Jembatan Cinta di kawasan Air Terjun Tetewa, Kolaka Timur (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

Selain wisata alam dan budaya, lanjut Subhan, pihaknya juga berharap wisatawan mengetahui jika Koltim memiliki endemik flora yakni anggrek orange yang kini sudah langka ditemukan, dan itu merupakan endemik Kabupaten Koltim. Pihaknya berharap Pemda Koltim menetapkan tempat tersebur sebagai Wonua Sorume yang berarti kampung anggrek.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Koltim, Edy Madjid mengatakan pihaknya tengah menggenjot pembangunan fasilitasnya agar segera rampung ditahun 2017 untuk segera diresmikan. (Adv)

Laporan: Hasrianty

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations