Wakatobi akan Pilkades 2021, Berikut Jadwalnya

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Setelah tertunda hampir setahun, akhirnya Pemerintah Daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara resmi menetapkan jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 25 April 2021.

Total 25 desa di Kabupaten Wakatobi akan Pilkades 2021. Desa-desa ini tersebar di Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko.

“Satu desa di Pulau Binongko, tujuh desa pada Pulau Tomia, 18 desa Pulau Kaledupa, dan 19 desa Pulau Wangi-wangi 19,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Desa, La Ode Husnan, Rabu (20/1/2021).

Tahapan pilkades berupa pembentukan panitia tingkat kabupaten tuntas. Selanjutnya, pembentukan panitia tingkat desa dan pembentukan panwas tingkat kecamatan.

Penyelenggaraan pilkades, kata Husnan, sesuai ketentuan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 tentang Pilkades. Dimana dalam pilkades dibentuk panitia tingkat kecamatan terkait penanganan Covid-19.

“Selain itu, kita akan pembentukan kepanitiaan khusus untuk pencegahan Covid-19 karena kita masih dalam wabah Covid-19, setelah itu pendaftaran calon kades,” terangnya. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.