Wakatobi Diguncang Gempa 4,1 SR

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Gempa tetonik berkekuatan 4,1 skala richter mengguncang wilayah Tenggara Kabupaten Wakatobi dan sekitarnya, Selasa (4/7/2017). Kekuatan gempa tidak menimbulkan kerusakan parah maupun potensi tsunami.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menunjukkan peristiwa itu terjadi pada pukul 12:05:16 Wita dengan episenter pada koordinat 5.74 LS-123.76 BT sekitar 49 kilometer Tenggara Wakatobi dengan kedalaman 10 kilometer.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Meski demikian, kekuatan gempa bisa dirasakan di wilayah Wanci dalam skala intensitas II SIG-BMKG. “Hingga laporan ini disusun pada pukul 12.35 Wita, belum terjadi aktivitas gempa susulan. Masyarakat dihimbau tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa,” tulis Kepala Stasiun Geofisika BMKG KEndari, Rosa Amelia, S.Si melalui sambungan WhatsApp.

Sementara itu, Salah Seorang Warga Kecamatan Wangi-wangi Selatan, La Ane mengaku tidak mengetahui terjadinya gempa tersebut.

(Baca: Intensitas Gempa Sultra Masih Skala Kecil di 2017)

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.