Wakatobi Jadi Tuan Rumah Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Sultra

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kabupaten Wakatobi menjadi tuan rumah hari peduli sampah nasional 2019, tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada 21 Februari sampai 3 Maret 2019. Sejumlah agenda adan dilaksanakan, salah satunya kerja bakti massal.

Terpilihnya Kabupaten Wakatobi dalam pelaksanaan hari peduli sampah nasional 2019, sesuai hasil rapat koordinasi kepala Dinas Lingkungan Hidup se-Sultra pada 31 Januari lalu. Puncak acara ini diagendakan pada 3 Maret mendatang.

“Dalam rapat tersebut, teman-teman kepala dinas semua sepakat dilaksanakan di Wakatobi karena begitu banyak informasi yang mereka terima bahwa tamu-tamu (wisatawan) yang ke-Wakatobi, sementara mereka belum pernah ke Wakatobi,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi, Jaemuna, Jumat (15/2/2019).

Sejak 21 Februari nantinya, acara diisi dengan kerja bakti massal di wilayah setempat. Termasuk di sekitaran by pass dan kawasan Marina. Kegiatan juga rencananya direncanakan dengan senam bersama. Masyarakat Wakatobi mulai dari Pulau Wangi-wangi hingga Pulau Binongko diharapkan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Id Bulog

“Kita harapkan 75 persen masyarakat Wakatobi bergerak membersihkan lingkungan sekitar agar bersih dan sehat,” jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat dalam acaranya nanti, tidak membawa atau menggunakan kemasan plastik sekali pakai, karena bisa kembali menyebabkan tumpukan sampah plastik.

“Untuk minum para tamu nanti, kami siapkan gelas dan air galon. Lewat kegiatan ini kami ingin mengedukasikan masyarakat Wakatobi sebisa mungkin menghindari penggunaan wadah plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.