Wakil Wali Kota Baubau Imbau Bidan Tingkatkan Peran di Masyarakat

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse membuka dengan resmi Seminar Kebidanan dengan tema “Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan” di Aula Kantor Wali Kota Baubau, Palagimata, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Monianse peran bidan sangat luas, bukan hanya membantu perempuan saat melahirkan, tetapi mereka memiliki tugas-tugas khusus di masyarakat.

“Utamanya dalam perannya pada masyarakat memberikan edukasi kepada remaja putri, misalnya tentang reproduksi yang baik dan sehat, akan membantu mereka (remaja putri) untuk dapat membuat keputusan yang baik, misalnya menunda perkawinan sehingga kehamilan diusia muda tidak akan terjadi karena mereka paham akan bahaya-bahaya yang mungkin akan muncul pada kehamilan di usia muda,” kata Monianse.

Monianse berharap agar kegiatan seminar ini dapat berdampak positif dan tidak hanya sampai disini, kualitas bidan semakin ditingkatkan, diharapkan bidan dapat didampingi di lapangan sehingga dapat menghindari mal praktek dengan meningkatkan kualitas bidan. Salah satu caranya dengan mengadakan seminar.

“angka kematian ibu nol persen ditahun 2018 kemarin itu karena peran penting bidan. Bidan mempersiapkan kelahiran sejak pra reproduksi, dalam hal ini remaja putri, kelahiran bayi, hingga pasca melahirkanan dan bahkan nidan akan mendampingi ibu dan anak 5 tahun setelah melahirkan” kata Monianse

Hadir dalam kegiatan seminar kebidanan itu sedikitnya 200 anggota ikatan bidan Indonesia Kabupaten Buton, Busel, dan Buteng, juga dihadiri mahasiswi Akademik Kebidanan Politeknik Bidan Buton Raya dan mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (Stikes) IST Buton.

Laporan: Aisyah Welina

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.