SUARA

Wali Kota Kendari akan Bagikan Paket Sembako Lewat Kelurahan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 2.800 paket sembako bakal disalurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bagi masyarakat kurang mampu, ditengah imbauan pemerintah pusat tetap bekerja dari rumah atau #dirumahaja dalam rangka memutus rantai penyebaran corona virus atau Covid-19.

Untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menginstruksikan camat dan lurah melakukan pendataan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan bermanfaat.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengaku penyaluran bantuan sembako merupakan bentuk kepedulian pemkot terhadap masyarakat kurang mampu. Mengingat imbuan bagi masyarakat tetap bekerja dari rumah, meskipun tidak semua masyarakat mematuhinya. Pasalnya, sebagian masyarakat yang harus bekerja mengais rejeki untuk menghidupi keluarganya.

“Tahap awal sudah ada 2.800 paket sembako dan sudah siap untuk disalurkan ke masyarakat. Tinggal kita mendata dulu. Makanya saya mau teleconfrence dengan lurah dan camat memastikan ini tepat sasaran dan harus cepat karena kita berbicara waktu,” terangnya.

Jika merujuk pada data yang ada, masyarakat miskin di Kota Kendari ada sebanyak 5,1 persen atau sekira enam ribu lebih Kepala Keluarga (KK) dari total sekira 250 ribu masyarakat di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

“Data sementara sudah ada, kalau merujuk data PKH itu ada 6.982 penerima manfaat. Kita tetap melakukan pendataan melalui kelurahan. Kita juga harus pahami, itu kalau kondisi normal tidak ada Covid. Tetapi begitu datang Covid, ada sejumlah masyarakat yang turun status dan dalam hitungan itu bisa dua kali lipat. Ini asumsi semua ahli ekonomi, semua pakar ekonomi tahu, ketika ada bencana, situasi darurat tidak hanya miskin yang kita pikir, tapi yang status dari tidak miskin ini menjadi miskin sehingga potensinya dua kali lipat, makanya kita harus siap,” jelas Wali kota.

yamaha

Tidak hanya itu, Wali Kota Kendari juga mengimbau masyarakat yang memiliki kelebihan harta untuk bersama-sama saling membantu, saling meringankan beban masyarakat kurang mampu.

“Mari kita saling membantu.
Kita menyadari situasi ini agar tetap di rumah. Ini tentu berdampak terhadap saudara-saudara kita yang mungkin berat menjalani kehidupannya. Insyaallah hari ini juga kami sudah meng-SK-kan tim untuk memungut dan menampung sumbangan atau uluran tangan masyarakat, baik berupa meteril maupun sumbangan uang. Kita akan bentuk timnya,” cetusnya.

Ia mengaku, pihaknya akan terus mengupdate setiap hari laporan sumbangan masuk. Termasuk penyalurannya dilakukan secara berkala.

“Mudah-mudahan bisa menggugah saling membantu meringankan mengigat ada saudara-saudara kita yang harus bekerja menghidupi keluarganya. Ini upaya kita mudahan-mudahan diridhoi Allah SWT,” pungkasnya.

Rencananya, posko donasi atau sumbangan berpusat di PMCC Kota Kendari, sementara itu terkait data update diumumkan di Posko kewaspadaan Covid-19 Kota Kendari (Rujab Walikota).

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.