Pilkada koltim

Wali Kota Kendari Andalkan Pelayanan Berbasis Aplikasi Disaat Pandemi, OPD Wajib Ciptakan Aplikasi

SULTRAKINI.COM: KENDARIN – Ditengah pandemi Pemerintah Kota Kendari terus berupaya meningkatkan pelayanan publik dengan pemanfaatan informasi teknologi berbasis aplikasi dengan tujuan mudah, transparan, akuntabel serta bebas dari suap pungli dan gratifikasi .

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir menyampaikan tidak ada lagi pelayanan yang dilakukan diluar sistem yang ada. Olehnya itu semua organisasi perangkat daerah (OPD) dimintanya untuk bisa berinovasi memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan pelayanan prima yang transparan dan akuntabel kepada masyarakat.

“Tidak adalagi pelayanan yang dilakukan di luar sistem, kita harus terus berinovasi manfaatkan teknologi dan informasi untuk mewujudkan pelayanan prima yang transparan dan akuntabel sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan yang kita berikan,” kata Sulkarnain, Kamis (22/10/2020) kemarin.

Sulkarnain Kadir mengungkapkan, ada beberapa aplikasi berbasis pelayanan publik telah diterapkan dan digunakan oleh pemerintah kota seperti termasuk ditengah pandemi ini, diantaranya Layanan Integrasi Kendari ( LAIKA ) dengan konsep penerapan pelayanan surat-surat administrasi di tingkat kecamatan dan kelurahan, Aplikasi Layanan Perizinan, Kesehatan, aplikasi pelayanan cegah dan tanggap terhadap kebakaran Kendari Fire Button, aplikasi layanan pajak menyapa (Jakpa) dan aplikasi Jaga kendari (JARI).

Semua aplikasi tersebut adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan berbasis digital yang mudah, transparan, akuntabel serta bebas dari suap pungli dan gratifikasi .

Pilkada

“Sistem digitalisasi ini akan mempermudah pelayanan di pemerintahan dengan pelayanan berbasis aplikasi ini akan meningkatkan kualitas pelayanan aparatur yang terkomputerisasi,“ terangnya

Lanjut wali kota, aplikasi-aplikasi tersebut sangat membantu di saat pandemi yang sedang melanda saat ini serta untuk mewujudkan pelayanan berbasis digital pemerintah kota kendari dan mengefektifkan system kerja birokrasi yang lebih baik seperti peningkatan Sumber daya Aparatur yang dapat mendukung pola kerja pelayanan berbasis digital.

Pemerintah Kota Kendari melalui dinas Kominfo Kota akan terus melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan pelayanan berbasis elektronik dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi pada semua tenaga Admin yang ada baik di OPD maupun di kecamatan dan kelurahan sehingga semua pelayanan berbasis digital tetap berjalan.

“Kedepannya semua aplikasi ini akan kita integrasikan pada satu portal pemerintah Kota Kendari, dengan begitu masyarakat dapat mengakses keseluruhan layanan yang dibutuhkan dalam satu portal resmi pemerintah kota melalui kendarikota.go id, begitu juga pemerintah daerah lainnya yang ingin mengetahui tentang apa saja yang ada di Kota Kendari, tinggal mengakses website resmi pemerintah Kota Kendari,” ungkap Kadis Kominfo Kota Kendari, Moh. Nur Rasak Kamis (22/20/2020). (C)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.