Wali Kota Kendari Targetkan bisa Budidaya Beras Owoha di Lahan 1.000 Hektare

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengupayakan 1.000 haktere lahan bisa digunakan untuk membudidayakan padi organik beras Owoha, di kawasan persawahan Amohalo, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga.

“Kita hadirkan pangan sehat buat masyarakat, mudah-mudahan nanti luas lahan yang bisa kita olah tidak hanya 450 hektare tetapi kita berharap tahun depan bisa bertambah 700 hektare bahkan 1.000 hektare,” ucap Sulkarnain, Selasa (25/5/2021).

Sebelumnya Wali kota Kendari meresmikan kawasan agrowisata Amohalo serta beras Owoha di kawasan persawahan Amohalo, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (20/5/2021).

Walikota mengatakan, padi yang dipanen saat peresmian itu, ditanam pada lahan seluas 450 hektare, meskipun arealnya tidak luas namun kawasan tersebut mempunyai spesifikasi tersendiri karena memiliki padi organik.

“Kita berharap ini menjadi suportir, sehingga kita pastikan pangan yang dikonsumsi masyarakat benar-benar sehat karena beras ini berbasis organik,” ujarnya.

Selain itu, Wali kota juga berharap beras ini bisa diterima masyarakat sehingga para petani tidak ragu menanam dan bisa memperoleh keuntungan.

Dalam mendukung budidaya padi organik tersebut, Dinas Pertanian Kota Kendari menyalurkan bantuan, seperti traktor roda dua 22 unit, roda empat tujuh unit, bantuan pompa air 14 unit, hand sprayers sebanyak 26 unit. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.