Wali Kota Tegaskan Pasar di Kendari Tetap Buka

SULTRAKINI. COM: KENDARI – Banyaknya informasi dan isu tentang penutupan akses dibeberapa pasar di Kota Kendari akibat mewabahnya virus corona, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, menegaskan bahwa tidak ada penutupan akses pasar.

“Untuk sementara tidak ada rencana penutupan, kalau mau ditutup bagaimana mau belanja, cuman kita minta dan menghimbau masyarakat yang ke pasar untuk tetap menjaga fisiknya, hanya kita minta beraktifitasnya tetap proporsional, kalau ke pasar tetap jaga diri, intraksinya, dan belanja secara sewajarnya,” kata Sulkarnain, Sabtu (21/03/2020).

Diakuinya, meski kondisi ini sulit untuk diterima oleh semua pihak. Tapi inilah kondisi saat ini, pemerintah telah mempertimbangkan segala sesuatu yang mungkin terjadi, agar bisa terhindar dari penyebaran virus corona ini.

“Kadang-kadang pemerintah itu harus mengambil kebijakan yang tidak bisa memuaskan semua pihak, tapi kita berharap masyarakat bisa memahami kondisi saat ini,” ucapnya.

Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar, juga menyatakan tidak ada perintah penutupan operasi pasar yang dikarenakan Wabah Covid-19. Hanya saja tindakan yang di lakukan pihaknya untuk antisipasi dan edukasi masyarakat pedagang dan penjual agar menghindari bahaya penyebaran virus corona ini.

“Tidak ada arahan untuk melakukan penutupan dari pemkot, kami hanya melakukan penyemprotan antiseptik dan edukasi kepada pedagang,” ucap Asnar, melalui telfon, Sabtu (21/03/2020).

Fortune

Asnar mengaku upaya yang dilakukan dengan penyemprotan dan pemberian edukasi mengenai covid-19 sudah dilakukan di pasar Baruga, pasar Andonuhu, dan Pasar Lapulu.

“Penyemprotan rutin akan dilaksanakan pada minggu depan lagi. Sementara edukasi cuci tangan pedagang dan karyawan selalu stand by di pasar. Kami siapkan sabun untuk para pedagang sementara untuk petugas pasar kami siapkan kos tangan dan masker hidung,” tambahnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat pasar agar tidak perlu khawatir dan tetap waspada menanggapi wabah covid-19.

“Untuk saat ini pasar masih normal dan tetap buka. Stok pangan di pasaran pun masih aman. Bahkan untuk sayuran meningkat stoknya, yang mengalami kenaikan cuman jahe sepengetahuan. Jadi tidak perlu hawatir,” tutupnya.

Laporan: Ade Putri
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.