SUARA

Warga Anggotoa Olah Pokea Jadi Keripik Gurih

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Warga Desa Korumba, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe berhasil mengolah kerang jenis Pokea menjadi cemilan keripik. Pemasarannya pun sudah merambah ke sejumlah toko dan swalayan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Keripik tersebut terpajang di stan pameran Kecamatan Anggotoa di acara Konawe Expo. Produk olahan itu diberi nama Keripik Pokea Mama Milan.

Kepala Desa Korumba, Abdul Muis yang ditemui di stan pameran menjelaskan, usaha keripik Pokea tersebut merupakan usaha pribadi dari salah seorang warganya. Menurutnya, keripik Pokea itu merupakan keripik yang pertama berbahan dasar kerang khas Pokea.

“Bahan dasar pokeanya diambil di Samapara, karena Pokea memang tidak ada di Anggotoa. Sejauh ini saya melihat, produk ini sebagai produk keripik Pokea pertama yang ada di Konawe bahkan Sultra,” ujarnya, Senin (5/3/2018).

yamaha

Muis mengungkapkan, produk keripik khas dari Konawe itu saat ini sudah merambah pasar di luar Konawe, yakni Kota Kendari. Menurutnya, beberapa toko dan swalayan di ibu kota provinsi telah menjual produk tersebut.

“Umumnya, satu bungkus dijual dua belas ribu. Jadi cukup terjangkau,” tambahnya.

Selain keripik Pokea, warga Desa Korumba mengolah jenis keripik lainnya. Antara lain, stik Sagu dan Keripik Ikan Gabus. Dua produk olahan itu dikelola oleh kelompok masyarakat setempat.

“Kita ada juga kelompok masyarakat yang dibina langsung oleh desa yang mengolah kripik. Hasilnya olahannya ada stik Sagu dan kripik Ikan Gabus. Pemasarannya juga sudah sampai di Kendari,” tandasnya.

 

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.