Iklan Clarion

Warga Desa Langkumapo Mulai Tingkatkan Perekonomian dari Beternak Sapi

SULTRAKINI.COM: MUNA – 88 kepala keluarga Desa Langkumapo, Kecamatan Napabalano, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mendapatkan bantuan sapi yang diperoleh dari penggunaan dana desa (DD) tahun 2017 sekitar Rp 588 juta.

Selain memberikan bantuan sapi, warga tersebut diberikan pelatihan tentang tata cara beternak sapi. Tindakan ini ditujukan untuk membantu mereka mengembangkan ternak hingga membantu perekonomian masyarakat setempat yang umumnya bermata pencaharian sebagai peternak.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

“Bantuan itu nantinya akan diserahkan kepada 88 KK yang dianggap kurang mampu dari 213 KK di Desa Langkumapo,” terang Kepala Desa Langkumapo, Abdul Ashadin, Jumat (11/8/2017).

Pelatihan Rabu, 9 Agustus 2017 itu, membahas manajemen dan tatalaksana pemeliharaan sapi, cara perkandangan sapi potong, menjaga kesehatan hewan ternak, pengelolaan hijauan pangan ternak.

Menurut dr. Putri Widya Ningsih, pengetahuan masyarakat setempat tentang beternak sangat minim. Misalnya pengadaan nutrisi pangan serta standarisasi populasi ternak sesuai dengan ukuran kandang. Selain itu, perlu diperhatikan penyakit Helminthiasis (cacingan) pada ternak sapi dan bagaimana cara pemberian vaksin dan obat cacing pada ternak.

“Salah satu contoh masih banyaknya masyarakat yang membiarkan ternaknya begitu saja di jalan-jalan tanpa dikandangkan,” kata Putri kepada SultraKini.Com.

Dia menambahkan dengan adanya pelatihan tersebut dapat mengedukasikan masyarakat peternak, dan yang terpenting bisa menghasilkan ternak berkualitas baik serta meningkatkan produktivitas ternak sehingga sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan melalui upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) yang berorientasi pada pencapaian swasembada protein hewani asal ternak.

“Intinya bisa memberikan influence (mempengaruhi) terhadapat desa-desa lain tentang bagaimana memberikan edukasi cara beternak yang baik dan benar, menghasilkan ternak berkualitas guna meningkatkan produktivitas ternak di Kabupaten Muna,” jelasnya.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.