Warga Desa Mekar Sari Berebut Gunungan Tumpeng di 1 Muharam

  • Bagikan
Masyarakat Desa Mekar Sari, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan berebut gunungan tumpeng dalam perayaan menyambut 1 Muharam 1439 H. (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Perayaan 1 Muharam 1439 Hijiriah disambut masyarakat Desa Mekar Sari, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan dengan cara unik. Ribuan masyarakat suku Jawa dengan mayoritas petani itu, saling berebut aneka hasil bumi dalam bentuk gunungan tumpeng, Kamis (21/9/2017).

Panitia penyelenggara juga menyediakan kupon berhadiah kepada masyarakat. “Warga yang beruntung setelah kupon diundi, akan ditukar dengan hadiah. Kami menyediakan berbagai hadiah, namun hadiah utamanya adalah sebuah kompor gas,” ujar Kepala Desa Mekar Sari, Idi Subandri, Rabu (21/9/2017).

Idi menyampaikan, gunungan hasil bumi menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang tak bisa terpisahkan dari budaya jawa. Gunungan hasil bumi ini, menyimbolkan penjagaan terhadap kelestarian yang khas bagi masyarakat agraris.

“Perayaan ini rutin dilaksanakan setahun sekali dan dilaksanakan pada 1 Muharam. Sebelum dibagikan kepada warga, terlebih dahulu gunungan tumpeng di arak keliling Desa Mekar Sari,” jelas Idi.

Muharram atau bisa dikatakan sebagai tahun baru Islam, merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Muharam sendiri merupakan salah satu dari empat bulan suci pada tahun ini.

Laporan: Wayan Sukanta

  • Bagikan