SUARA

Warga Kolaka Apresiasi Program Pemerintah

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Masyarakat Kabupaten Kolaka memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo terkait sejumlah program pusat yang telah diturunkan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Bentuk apresiasi yang ditunjukkan masyarakat itu dengan cara mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo via kantor POS Kolaka tertanggal 7 Februari 2018 serta ditandatangani oleh Zakaruddin sebagai koordinator lapangan Kelurahaan Lalombaa.

Di dalam surat berjumlah tiga lembar itu menjelaskan bahwa dengan program Joko Widodo, Kabupaten Kolaka menjadi daerah yang lebih berkembang.

Program pusat yang dimaksud oleh masyarakat Kolaka di antaranya pembagian sertifikat gratis bagi warga yang belum memiliki sertifikat tanah, pembagian kartu indonesia sehat atau KIS bagi warga yang tidak mampu serta program pembagian pupuk gratis non subsidi kepada petani yang tidak mampu.

Bentuk apresiasi dari masyarakat Kelurahan Lalombaa, Kabupaten Kolaka ini memang bukan tanpa dasar. Sebab dalam beberapa tahun terakhir program pemerintah pusat yang dipercayakan kepada Pemda Kolaka telah berhasil diimplementasikan di lapangan. 

yamaha

Ketua Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulsel Cabang Kolaka atau IKAMI SS, Hasrul Saripudding menjelaskan bahwa memang program pemerintah pusat yang telah diturunkan di Kolaka sangat berdampak positif kepada masyarakat Kolaka.

“Jadi apa yang tertulis dalam surat yang ditujukan oleh pak Jokowi itu adalah hal yang benar. Dan dampaknya memang dirasakan oleh masyarakat Kolaka. Mulai dari pelebaran jalan pemuda, pembagian sertifikat tanah dan beras secara gratis, serta masih banyak lagi. Jadi disini tercipta sebuah sistem yang baik. Uangnya disiapkan oleh pemerintah pusat yang diteruskan ke Pemda, dan Pemda Kolaka menjalankan amanah pemerintah pusat dengan baik pula,” katanya.

Hasrul juga menjelaskan bahwa dengan apresiasi masyarakat Kolaka terhadap bantuan pusat yang dikerjakan di Kolaka semoga saja bisa berdampak positif dimata pak Jokowi. “Semoga saja nanti saat surat apresiasi yang dikirimkan oleh masyarakat Kolaka dapat dibaca oleh pak Jokowi dapat berdampak positif bagi Kolaka. Artinya kedepannya akan lebih banyak lagi program-program yang diturunkan oleh pemerintah pusat ke Kolaka,” tambahnya.

Kolaborasi kinerja antara pemerintah pusat dan Pemda Kolaka yang paling dirasakan oleh masyarakat Kolaka adalah perubahan jalan pemuda dari satu jalur menjadi dua jalur. Yang dimana sebelum pekerjaan dimulai, terlebih dahulu Pemda Kolaka menyiapkan anggaran miliaran rupiah yang bersumber dari APBD. Setelah itu pelebaran jalan dilanjutkan dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBN.

Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.