Warga Laimeo Sukses Berkebun Kacang Tanah di Pesisir

SULTRAKINI.COM: KONUT – Menanam kacang tanah bisa jadi merupakan pengalaman yang biasa bagi sebagian orang. Tapi tidak bagi Aras, pasalnya Ia menanam kacang tanah di medium yang berbeda dari pemahaman umum, yakni di pesisir pantai.

 

Namun demikian, eksperimen yang berawal dari coba -coba ini membuahkan hasil. Bahkan cukup mencengangkan, karena tanaman kacang tanaghnya tumbuh subur meski di pesisir pantai.

 

Diungkapkan warga Desa Laimeo, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara ini, saat melakukan eksperimen budidaya tanaman kacang tanah jenis lokal, suda bisa dipanen hanya dalam waktu 3 bulan.

 

\”Tanaman palawija jenis kacang tanah cocok di tanam di daerah pesisir pantai seperti di desa laimeo yang wilayahnya berdekatan dengan pesisir pantai,\” jelas Aras.

 

Dari modal bibit kacang tanah sebanyak 3 liter yang dibelinya di Pasar Moderen Sawa, ternyata dapat menghasilkan sekitar 50 kg kacang tanah siap konsumsi.

 

Atas inovasi ini, Aras berharap pemerintah dapat memberikan pembinaan terhadap petani di Laimeo. \”Jika pihak terkait bisa memberikan benih, pupuk dan pestisida serta pembinaan kepada warga petani, saya yakin komoditi kacang tanah akan menigkatkan ekonomi warga Konut,\” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.