SUARA

Warga Sandera Truk Dinas PU Koltim

SULTRAKINI.COM: KOLTIM: Tiga unit mobil truk milik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara disandera warga desa Loka, Kecamatan Tirawuta. 

Warga Loka tidak rela jalanan yang baru dibuat dengan anggaran DAD (Dana Alokasi Desa) rusak akibat dilalui mobil truk yang mengangkut material batu pasir (Galian C).

Kepala Desa Loka, Jainuddin mengungkapkan, truk pengangkut matrial yang melintas di wilayahnya itu adalah truk Pemda Koltim milik Dinas PU, yang mengangkut galian tanah dari Desa Loka untuk diangkut ke Desa Matabondu sebagai bahan pembuatan jalan.

Tiga unit mobil truk itu disandera warga di pinggir jalan Desa Loka.

Seorang  warga setempat, Hamjang, saat dikonfirmasi SultraKini.com mengatakan, truk tersebut sudah tiga hari mengangkut material dari Desa Loka.

yamaha

“Jalan ini baru saja ditimbun pemerintah, kami terpaksa harus menahan truk tersebut karena sebelumnya kami sudah koordinasi dengan kepala desa,” katanya.

Sementara itu Kades Matabondu, Bahtiar yang dikonfirmasi mengungkapkan, material yang diangkut truk milik PU Koltim dari Desa Loka, merupakan tanah pasir batu untuk pekerjaan pengerasan jalan usaha tani di Desa Matabondu.

Sedangkan protes warga Loka, kata Bahtiar sudah diklarifikasi di Polsek Raterate.

“Kami sudah dibuatkan pernyataan, terkait truk yang mengangkut sirtu dari Desa Loka ke Matabondu. Dalam kesepakatan kami, truk tersebut boleh melanjutkan angkutannya hingga pekerjaan jalan usaha tani di Matabondu selesai. Namun dengan syarat kami akan memperbaiki kembali jalan yang rusak di Loka akibat truk tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dirinya sudah dipanggil Bupati Koltim untuk mengklarifikasi hal tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.