Warga Sultra 3 Positif Corona, Sulkarnain Imbau Tak Salat Jumat Berjamaah Mulai Besok

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menyikapi kondisi terkini, tiga orang warga dari Sulawesi Tenggara (Sultra) berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan positif corona atau covid-19, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada.

“Kondisi terkini tiga orang dari Sultra positif Covid-19, kita tetap berdoa dan berharap mudah-mudahan pasien yang dimaksud bisa tertangani dengan baik dan selamat dari virus corona ini,” kata Sulkarnain di rumah jabatannya, Kamis (19/3/2020) malam.

Dengan kondisi itu, Sul, langsung mengambil langkah cepat berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk tokoh MUI dan tokoh agama di Kota Kendari, pemerintah kota mengimbau kepada seluruh pengelola dan pengurus masjid se-kota kendari untuk mempertimbangkan agar sementara waktu mulai besok (20/3) tidak melaksanakan salat jumat secara berjamaah di masjid.

“Jadi kita imbau tidak dulu melaksanakan salat jumat berjamaah di masjid-masjid mulai besok sampai dua minggu kedepan, agar penyebaran virus tidak terlalu melebar, tetapi dengan harapan agar masyarakat bisa tetap mendekatkan diri pada yang maha kuasa karena semua ini juga ujian,” kata Sul.

Bukan hanya di masjid, tempat-tempat ibadah agama lain juga di Kendari semuanya diminta agar tetap melaksanakan ibadah dari rumah, guna mengantisipasi penyebaran virus corona ini.

Selain itu, Dia juga mengimbau kepada seluruh pimpinan stakeholder perusahaan-perusahaan swasta, BUMN dan BUMD non pemerintahan di Kota Kendari agar mempertimbangkan situasi ini, untuk melakukan seluruh aktifitas sebisa mungkin dari rumah masing-masing.

“Kami meminta untuk menyikapi situasi terkini, karena tentu kita berharap cukup tiga ini saja, dan supaya masyarakat terhindar dari penyebaran wabah penyakit ini,” terangnya.

Sulkarnain juga mengungkapkan mulai besok tugas-tugas ASN selain yang berbasis pelayanan di lingkup pemerintah kota juga diminta untuk melaksanakan tugas-tugas dari rumah.

“Insyaallah juga pemkot mulai besok, hanya membuka pelayanan saja. Untuk selebihnya, seluruh ASN non pelayanan kami minta untuk bekerja dari rumah,” pintanya.

Katanya, saat ini pemerintah kota terus melakukan koordinasi dengan gugus tugas yang sudah dibentuk termasuk dengan gugus tugas tingkat provinsi. Olehnya itu, dengan perkembangan kondisi terkini, masyarakat diminta agar sebisa mungkin jika tidak terlalu urgens sebisanya melakukan aktifitas dari rumah.

“Kita minta masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan, kesadaran menjaga diri dan orang lain, karena kasus ini tidak bisa dianggap sepele, jadi mari kita kompak sikapi kasus ini secara bersama-sama agar betul-betul terhindar dan terjangkiti dari virus ini,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan