SUARA

Warga Tionghoa dan Hotel Zenith Sumbang Ribuan APD ke Pemkot Baubau

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Warga Tionghoa di Kota Baubau yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia, Pengurus Kota Baubau dan Hotel Zenith memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di RSUD Palagimata Kota Baubau dan 17 Puskesmas yang tersebar di 8 Kecamatan pada Jumat, 1 Mei 2020.

Bantuan yang diberikan merupakan bentuk dukungan kepada tim medis selama memberikan pelayanan dalam upaya memotong rantai penyebaran wabah Covid-19 di Kota Baubau.

Walikota Baubau sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19, AS Tamrin, mengatakan sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas bantuan tersebut. Katanya, hal ini merupakan wujud dari pelaksanaan implementasi nilai POLIMA (PO-5) yaitu pomaa masiaka, popia piara, pomae maeaka, poangka angkataka dan pobinci binci kuli.

“Inilah wujud kesetiaan, kesayangan kepada yang mendapatkan musibah baik yang sifatnya dari medis maupun dari alam,” kata AS Tamrin usai menerima bantuan APD di Bantea Umuri Bolu Rujab Walikota Baubau, Jumat (1/5/2020).

AS Tamrin juga mengatakan ditengah pandemi virus ini agar masyarakat selalu mengikuti himbauan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk tidak keluar rumah. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah tentu harus mengikuti rambu-rambu protokol kesehatan.

“Tentu ini merupakan wujud prinsip PO-5 yang menyatu dalam semangat gotong rotong,” ucapnya.

yamaha

Syarif Ariifin, salah satu perwakilan warga Tionghoa Baubau, mengatakan APD ini berasal dari dana yang dihimpun dari warga Tionghoa yang ada di Baubau.

Dia berharap donasi warga Tionghoa dalam bentuk APD ini dapat bermanfaat bagi tenaga medis di puskesmas dan RSUD dan sebagai bekal dalam memutus penyebaran Covid-19 selama bertugas.

Menurutnya, tim medis sangat rawan dalam menjalankan tugasnya. Meski bantuan ini tidak seberapa nilainya dibanding dengan apa yang dilakukan oleh tenaga medis di lapangan yang berhadapan dengan virus Covid-19. Namun ia berharap bisa sedikit membantu dan bermanfaat.

“Bantuan APD yang diserakan itu adalah terdiri dari hasmat, faceshield (pelindung muka), masker (KN 95, medis dan kain), serta sartung tangan, total keseluruhan berjumlah 1.685 buah,” ucap Sarif.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.