Warga Wakatobi Temukan Bunga Bangkai

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Warga di Desa Komala, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi menemukan bunga bangkai yang tumbuh di perkebunan warga sekitar.

Bunga yang ditemukan di Desa Komala itu mirip dengan bunga bangkai Suweg yang nama latin Amorphophallus Paeoniifolius yang ditemukan, di Desa Nganguk, Kudus, Jawa Tengah pada Oktober 2018 lalu.

Salah seorang warga Komala yang pertama kali menemukan bunga bangkai itu, Sandi, menerangkan bunga bangkai jenis itu sering muncul saat memasuki musim penghujan.

“Sejak aku masih SMA kalau bukan SMP sering aku lihat bunga itu di kebun kami dekat kaindea tooge. Kalau tidak salah di Pulau Wangi-wangi khususnya di Mandati, namanya bunga manga,” kata Sandi, Rabu (11/12/2019).

yamaha

Bunga bangkai tersebut memiliki ciri khas yaitu tongkol (appendix) bagian yang menjulang ke atas yang membesar dan seludang atau ‘mahkota bunga’ yang berbentuk seperti lonceng atau bell-shaped.

Spesies tersebut masih satu genus dengan bunga bangkai raksasa, Amorphophallus titanum. Namun bedanya, bunga bangkai jenis paeoniifolius ini tidak tergolong tumbuhan langka, bahkan bau busuknya pun tidak sekuat bunga bangkai bunga bangkai sejenisnya.

Berdasarkan infornasih yang dihimpun Sultrakini.com, bunga bangkai tersebut tidak hanya tumpuh di Pulau Wangi-wangi saja, namun tumbuh juga di Pulau Kapota dan Pulau Oroho, Kecamatan Wangi-wangi Selatan.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.