Iklan Clarion

Waspada Banjir, BPBD Konawe Tetapkan Siaga Satu

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan membuat beberapa titip di Konawe terendam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe pun telah menetapkan kondisi tersebut sebagai siaga satu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Konawe, Dedet Ilnari Yusta menuturkan, hingga Minggu (14/05/2017) sudah ada beberapa kecamatan yang terendam air. Antara lain, Kecamatan Unaaha, Pondidaha, Amonggedo dan Sampara.

Lanjut Dedet, untuk Kecamatan Amonggedo, terdapat belasan rumah yang berada tiga desa yang terendam. Desa-desa itu antara lain, Desa Dunggua, Wonua dan Desa Aminggedo. Banjir yang merendam, merupakan luapan air sungai dengan ketinggian 20 hingga 30 cm.

“Rumah-rumah yang terendam itu karena lokasinya yang ada di bantaran sungai. Akses jalan juga ikut terendam,” jelasnya saat dikonfirmasi awal media.

Dedet menerangkan, meski banjir tersebut belum begitu mengkhawatirkan, pihaknya telah menetapkan siaga satu. Hal itu dilakukam agar warga lebih meningkatkan kewaspadaan. Terlebih mereka yang tinggal di pinggiran sungai, mengingat volume air yang terus meningkat.

Dedet mengaku, sejauh ini belum ada warga yang mengungsi. Pihaknya masih terus melakukan patroli guna melakukan pendataan daerah yang potensi banjir.

“Kami masih terus memantau perkembangannya. Apalagi kondisi hujan juga masih terus berlangsung,” tandasnya.


Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.