SUARA

Waspada Cuaca Ekstrim, Polres Wakatobi Cek Peralatan SAR

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Angin kenceng dan gelombang tinggi yang melanda Wakatobi awal tahun ini, membuat semua pihak siap siaga, tak terkecuali Polres Wakatobi.

Menghadapi cuaca ekstrim ini, Sat Sabhara Polres Wakatobi mengecek sejumlah peralatan SAR yang dimilikinya, Rabu (8/1/2020).

Pengecekan peralatan SAR di halaman Mako Polres Wakatobi ini dibawah arahan Kasat Sabhara Polres Wakatobi, AKP. Sahbudin.

Kapolres Wakatobi, AKBP Anuardi, mengatakan pengecekan perlatan SAR tersebut merupakan bentuk kesiapan personil Polres Wakatobi dalam menghadapi cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini.

“Berhubung akhir-akhir ini sering terjadi cuaca buruk, Sat Sabhara Polres Wakatobi mengecek peralatan SAR yang dimiliki untuk mengantisipasi bila mana dibutuhkan kami siap untuk turun memberikan pertolongan,” ungkapnya.

yamaha

Kata Anuardi, Kapolres pun mengimbau masyakat yang melakukan aktivitas dilaut agar berhati-hati dan selalu memperhatikan kondisi cuaca.

“Bagi masyarakat atau para nelayan agar memperhatikan kondisi cuaca, baik yang hendak melaut untuk mencari nafkah maupun bagi masyarakat yang hendak bepergian dengan menggunakan kapal angkutan laut. Jangan memaksakan diri untuk menerobos cuaca ekstrim, karena dapat membahayakan keselamatan.” ujarnya.

Lanjutnya, bagi nahkoda atau ABK kapal agar memperhatikan tata cara pemuatan barang maupun penumpang jangan sampai over kapasitas. Kemudian mempersiapkan atau lengkapi live jacket atau alat keselamatan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Segera laporkan ke kepolisian dan instansi terkait lainnya bila ada kecelakaan laut maupun bencana lain agar teratasi dengan cepat,” pungkasnya.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.