SULTRAKINI.COM: BOGOR - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengakui eskalasi keamanan di Papua meningkat pasca penyanderaan 1300 warga dan penyerangan disertai penembakan terhadap aparat keamanan oleh kelompok bersenjata di Papua. Menurutnya, eskalasi setidaknya terjadi di wilayah Timika.

Wiranto Akui Eskalasi Keamanan di Papua Meningkat
Wiranto Akui Eskalasi Keamanan di Papua Meningkat

"Saya ingatkan lagi bahwa jangan sampai ada tuduhan kalau aparat keamanan sudah bertindak itu merupakan tindakan sewenang-wenang," ujar Wiranto di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017).

(Baca Juga: Wanita dan Anak-anak Korban Penyanderaan di Papua Sudah Diselamatkan)

Wiranto mengakui pihaknya sudah mengintruksikan kepada Polri dan TNI agar menyelesaikan masalah atau kekerasan yang terjadi di Papua dengan pendekatan persuasif. Ia juga mengimbau agar aparat kemananan tidak terprovokasi dalam melakukan tugasnya.

Jika nantinya Polri yang diback up TNI mengambil langkah-langkah tegas lanjut Wiranto, jangan dituding tindakan tersebut sewenang-wenang. Karena, apa yang dilakukan kelompok bersenjata ini merupakan tindakan kriminal.

"Saya katakan tadi ada batas-batas. Kalau negosiasi terus, tapi korban berjatuhan di kita bagaimana. Apa kita biarkan prajurit kita mati konyol hanya karena kita terus-menerus mengajak dan yang diajak tidak mau," pungkasnya.


Sumber: Sindonews.com

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations