Pilkada koltim

Wisata Pudonggala Diterjang Ombak dan Angin Kencang

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Wisata permandian Pudonggala, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara (Konut) diterjang ombak setinggi empat meter dan angin kencang. Akibatnya, fasilitas wisata seperti gazebo mengalami kerusakan hingga terbawa ombak. Tidak hanya itu, pasir di pesisir pantai ikut terkikis akibat kejadian tersebut.

Pantauan SultraKini.Com, kerusakan juga berakibat pepohonan sekitar pantai yang tumbang, beton pembatas antara pantai dan tempat wisata rusak.

Kejadian itu berlangsung sejak hari Jumat (14/7) hingga sekarang. Ketinggian air pasang bahkan naik sekitar empat meter sampai meluap ke daratan.

Pilkada

“Sekitar jam empat dini hari, ombak naik sekitar empat meter yang disertai angin kencang. Akibatnya fasilitas wisata rusak berat, sementara kasebo yang masih bisa di selamatkan kami pindahkan,” terang Kepala Desa Pudonggala, Surianto, Sabtu (15/7/2017).

Ditempat berbeda, Andi, Warga Desa Tanjung Laimeo, Kecamatan Sawa, Konut mengatakan akibat ketinggian ombak tersebut daratan akan terjadi abrasi dan membahayakan pemukiman setempat.

“Jika kedepan tidak ada antisipasi dari pemerintah setempat, daratan akan semakin banyak terbawa ombak termasuk rumah kami akan terkena imbasnya,” katanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.