Wisatawan Wakatobi Hanya Bertambah 5000, Asita Pesan Benahi 80 Masalah

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Data Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi mengklaim jumlah wisatawan tiap tahunnya terus meningkat. Tercatat pada 2018, jumlah wisatawan mencapai 27 ribu, naik dari tahun sebelumnya yang berjumlah 22 ribu pengunjung.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sultra menilai, peningkatan itu belum signifikan. Maka untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan, Pemerintah Daerah Wakatobi harus membenahi infrastruktur kepariwisataan dan mengoptimalkan pendayagunaan kebudayaan daerah melalui berbagai ivent.

Ketua DPD Asita Sultra, Rahman, mengatakan ada 80 masalah harus dibenahi pemda termasuk stakeholder secara berkala, diantaranya perhotelan dan restoran meliputi pelayanan maupun fasilitas, transportasi meliputi transportasi tuor aperator traveling maupun fasilitas lainnya.

“Masih ada banyak masalah yang harus dibenahi, tapi itu mustahil diselesaikan dalam sesegera mungkin tapi butuh waktu secara berkala, yang penting masih ada keinginan dari pemerintah, masyarakat maupun industri, misalnya, untuk peningkatan aminitas, aksesibilitas dan atraksi,” kata Rahman, Senin (24/12/2018).

Menurut Rahman, ada empat strategi awal untuk peningkatan kunjungan dalam promosi Wakatobi. pertama, pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian atau Dinas Pariwisata Kabupaten dapat memfasilitasi ulang semua tour operator/biro dan agen perjalanan wisata untuk membuat prodak secara total baik dari sisi atraksi, amenitas dan aksebilitas.

Id Bulog

Kemudian kedua, mengadakan sales mission Sultra tourism board atau direct selling, ketiga membuat travel mart atau travel fair serta lounching paket hot deal.

“Jadi ketika empat hal tersebut sudah bisa dimaksimalkan, kita optimis kunjungan pariwisata kita di Sultra maupun di Wakatobi itu bisa terus meningkat,” urai Rahman.

Terlebih di Wakatobi, lanjutnya, potensi wisata yang dimiliki sangat banyak dan luar biasa. Maka itu perlu ada peningkatan promosi wisata sehingga semakin menarik simpati wisatawan untuk berkunjung di Wakatobi.

“Tentunya promosi wisata itu bisa terus ditingkatkan, maka wisatawan kita semakin meningkat,” pungkasnya.

Laporan : Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.