SULTRAKINI.COM: KOLAKA - Sebanyak 707 mahasiswa dari enam fakultas di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara diwisuda, Kamis (14/12/2017) di salah satu hotel di wilayah setempat.

Wisuda 707 Mahasiswa, Rektor Cerita Masa Terbentuknya USN Kolaka
Momen wisuda USN Kolaka saat Azhari selaku rektor memindahkan tali toga dihadapan wisudawan lainnya, Kamis (14/12/2017). (Foto: Mirwan/SULTRAKINI.COM)

Selain Rektor USN Kolaka, Azhari, hadir pula Sekretaris Jenderal Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo, Civitas akademika USN, Sekretaris Daerah Sultra Lukman Abunawaws, unsur Muspinda, perwakilan alumni (IKA-UA), dan orang tua wisudawan.

Dalam pelaksanaannya, terdapat 11 wisudawan terbaik dari enam fakultas peserta wisuda program sarjana, diantaranya Retno Susanto (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Halima (Prodi Pendidikan Matematika), Junanto Sumbung (Prodi Agro Teknologi), Nyerlin (Prodi Agri Bisnis), Marwayanti (Prodi Perikanan), Mukarrama (Prodi Peternakan), Herna Safitiri (Prodi Teknik Sipil), Tamsil Indra Gunawan (Prodi Teknik Pertambangan), Nur Alam Syah (Prodi Ilmu Administasi Negara), Asril Jaya (Prodi Ilmu Hukum), dan Iluh Dewi Sari (Prodi Sistem Informasi).

"Jangan ragu bercita-cita, sebab sebelumnya tidak ada yang mimpikan USN akan menjadi negeri. Anandaku, bermimpi itu beda dengan bercita-cita, bedanya orang bermimpi dia tidak bisa mengendalikan mimpinya, kalau orang bercita-cita itu dia memiliki target dan bisa mengatur dan memprediksi apa yang menjadi mimpinya, kalau hanya bermimpi dia tidak bisa mengendalikan mimpinya," ucap Rektor USN Kolaka, Azhari dalam sambutannya. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo mengatakan kepada wisudawan untuk menghargai dan mengingat peran yang diberikan oleh para pendiri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) 19 November Kolaka tersebut.

“Kita mengapresiasi bagi mereka yang telah berjuang menjadikan PTN (perguruan tinggi negeri) ini, dimulai dari STIKIP hingga menjadi universitas negeri,” ucap Patdono.

Ditambahkannya bahwa mahasiswa yang telah diwisuda untuk bersyukur dan berterimakasih kepada orang tua masing-masing. Sebab di Indonesia dari jutaan orang yang usianya patut menempuh pendidikan tinggi hanya 31 persen bisa memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi.

"Sisanya terkendala berbagai hal termasuk biaya, sehingga kalian patut berterimakasih kepada orang tua masing-masing yang telah membiayai ke perguruan tinggi," ungkapnya seraya berharap wisudawan bisa mengembangkan diri untuk mencapai cita-cita demi kepentingan bangsa dan negara.

Rektor juga memaparkan mengenai sejarah USN dan perkembangannya. USN Kolaka merupakan perguruan tinggi yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2014 tentang pendirian Universitas Negeri Sembilanbelas November, bersama lima Perguruan Tinggi  lainnya di Indonesia.

Dalam peresmiannya itu juga ditandai dengan penandatanganan prasasti tanggal 2 April 2014 di Nusantara Room Istana Negara, Rabu, 2 April 2014. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mohammad Nuh yang ketika itu menjabat, kemudian melantik Azhari sebagai Rektor USN Kolaka periode 2014-2018, bersama tiga Rektor Negeri dan empat Direktur Politeknik Negeri di Graha Utama, gedung A lantai 3 Kemendikbud Jakarta Pusat, Senin 26 Mei 2014 berdasarkan Keputusan Mendikbud RI Nomor 105/MPK.A4/KP/2014 tertanggal 24 April 2014.

Hingga kini, USN Kolaka telah melaksanakan empat kali wisuda dengan jumlah wisudawan 6.183 orang sejak awal berdirinya perguruan tinggi tersebut.


Laporan: Mirwan

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations