Wow, Harga Pin Anggota DPRD Konawe Hampir Rp 200 Juta

  • Bagikan
Pin anggota DPRD (Foto: Ilustrasi)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Menjabat sebagai anggota dewan memang enak. Selain mendapat gaji dan aneka tunjangan cukup tinggi, pin yang kerap digunakan ternyata juga memiliki harga yang fantastis.

Info terkait harga pin tersebut tertera dalam sebuah buku album di ruang staf Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPAKD) Konawe. Dalam buku album berukuran besar tersebut, tertera catatan berbagai kegiatan proyek pengadaan di berbagai SKPD Konawe.

Salah satu isinya adalah pengadaan pin untuk pimpinan dan anggota DPRD Konawe. Di buku itu tertulis tanggal pengadaan, yakni 27 April 2015. Sedangkan perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut ialah CV Iqni Mandiri. Nominal yang tertera dicatatan tersebut, senilai Rp 195.385.500. Sebuah angka yang hampir mendekati Rp 200 juta.

Lalu apa yang membuat harga sebuah pin anggota DPRD Konawe memiliki harga selangit. Berdasarkan informasi yang dihimpun SultraKini.Com, ternyata pin tersebut terbuat dari emas. Salah seorang legislator pun pernah bercerita tentang pin emasnya itu. Ia bahkan mengungkapkan, jika sudah punya koleksi hingga tiga buah pin emas. Salah seorang staf di DPRD Konawe juga membenarkan hal tersebut. Ia juga mengatakan jika pin milik unsur pimpinan dan anggota biasa, beda gramnya.

Informasi kebenaran itu juga dikabarkan beberapa media lainnya. Di daerah lain, pin anggota dewannya juga dari terbuat dari emas. Salah satunya di Palembang. Dimana, anggota DPRD setempat memakai pin yang terbuat dari emas 24 karat.

Namun tidak semua daerah memakai pin emas. Contohnya seperi di Kalimantan Tengah. Anggota DPRD periode 2014-2019 setempat hanya memakai pin dari kuningan. Itu pun setelah sekretariat dewan ditegur oleh Badan Pemeriksa Keuangan setempat.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan