Yuk! Liburan Asyik di Mata Air Wakumoro

SULTRAKINI.COM: MUNA – Mata air Wakumoro yang memiliki suhu dingin di Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna merupakan salah satu obyek wisata air tawar favorit pilihan masyarakat selama mengisi libur lebaran bersama keluarga.

Jarak tempuh dari kota Raha, Kabupaten Muna ke mata air Wakumoro sekitar 60 kilometer. Untuk ke sana memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Bagi orang Muna mata air wakumoro dikenal dengan sebutan Fotuno Rete.

Dikatakan Kepala Kepolisian Sektor Parigi Ipda Suhermin, sejak pagi sekitar pukul 08.00 Wita, tempat wisata tersebut sudah dikunjungi para wisatawan lokal, hingga sore hari masih dipadati dengan aktivitas pengunjung yang datang silih berganti.

“Dipastikan dalam sehari sejak H+1 sampai hari ini (H+5), yang datang tidak kurang dari seribu pengunjung, bahkan pengunjung dari Kabupaten Buton Tengah ada juga yang ke sini (Mata Air Wakumoro),” terang Ipda Suhermin saat ditemui SultraKini.Com di lokasi mata air Wakumoro, Kamis (29/6/2017).

Mengetahui tempat wisata tersebut akan ramai dikunjungi lanjut dia, warga setempat sejak dua hari sebelum lebaran sudah mendirikan tenda-tenda untuk menjajakan jualan. Sementara itu, berdasarkan intruksi dari Kapolres Muna AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung, pihaknya juga mendirikan posko keamanan (Pos Pam) dengan menyiagakan lima hingga tujuh personil di lokasi.

“Kita laksanakan cipta kondisi dengan merazia minuman keras, senjata tajam dan bagi pengunjung dalam pengaruh alkohol kami larang memasuki area wisata, tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung lain,” jelasnya.

Pantauan SultraKini.Com, objek wisata mata air Wakumoro dipadati pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Daya tarik alamnya cukup mempesona ditengah rimbunan pohon dan sejuknya mata air. Hingga saat itu, kondisi wisata mata air Wakumoro terpantau aman dan lancar.

Dikesempatan tersebut juga terlihat Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga yang ikut memantau lokasi wisata. Tidak lupa dirinya memberikan himbauan kepada para pengunjung untuk bersama-sama memberikan rasa aman dan nyaman selama berada di lokasi tersebut.

Menurut dia, pengamanan objek wisata itu termasuk bagian dari operasi Ramadniya 2017. “Tidak hanya saya sendiri, seluruh penjabat tinggi Polres Muna melakukan pengecekan di sejumlah obyek wisata. Dari pengecekan kemudian kita melakukan Anev apa perlu penambahan personil atau tidak di obyek wisata yang didapati pengunjung,” singkat AKBP Agung Ramos.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.