Yuk, Saksikan Festival Layang-Layang di Pantai Jatimalang Purworejo

  • Bagikan
Yuk, Saksikan Festival Layang-Layang di Pantai Jatimalang Purworejo

SULTRAKINI.COM:PURWOREJO – Kabupaten Purworejo l, Jawa Tengah punya tradisi unik dalam merayakan #MudikPenuhPesona. Seperti di Bali, obyek wisata Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi juga memiliki festival layang-layang yang diselengarakan 8-9 Juli 2017 diikuti 40 Group layang-layang dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatera.

“Festival layang-layang di Purworejo merupakan event nasional yang diselengarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, event ini juga sebagai salah satu hiburan #MudikPenuhPesona dan Hari Raya Idul Fitri 1438 serta promosi wisata andalan Purworejo,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti yang didampingi Kabid Promosi Wisata Budaya Wawan Gunawan di Jakarta, Sabtu (1/7).

Esthy mengatakan, kegiatan show layang-layang telah digelar di obyek wisata Pantai Jatimalang yang kelima kalinya. Show layang-layang terbukti efektif mempromosikan obyek wisata andalan Kabupaten Purworejo, 

“Ini sebagai bentuk promosi bagi daerah setempat, sehingga masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, akan tau adanya obyek wisata andalan Jatimalang, sekaligus meramaikan kegiatan di lokasi wisata,” katanya.

Sementara itu, Wawan Gunawan menambahkan, Selain sebagai promosi wisata, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengunjung wisata yang berimbas pada meningkatnya APBD, juga untuk meningkatkan pendapatan warga, baik melalui jasa parker, kuliner dan lainnya. 

“Event ini bisa menggerakan ekonomi masyarakat setempat secara langsung, terlebih libur lebaran yang panjang membuat masyarakat masih ada yang menghabiskan waktu untuk pergi ke objek wisata bersama keluarga. Dan ini sangat efektif serta momentnya tepat,” ucap Wawan. 

Wawan juga menjelaskan, festival layang-layang kali ini akan menampilkan berbagai jenis kategori layang-layang yang ditampilkan, yaitu kategori dua dimensi, kategori 3 dimensi, tradsional dan trend naga. 

“Sudah ada 40 group yang ikut menjadi  peserta eksebisi atau show layang-layang dari berbagai daerah di jawa, seperti diantaranya dari jogja ada gayar, bascom, dadali, genosida, pedal, maturahara, pasgud, pataslanta, gojek dan nggender. Mereka menghias layang-layang yang dengan ciri khas group mereka sendiri,” papar Wawan. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik penyelengaraan festival layang-layang di Pantai Jatimalang, Purworejo. Mantan Dirut PT Telkom itu berharap festival ini bisa meramaikan obyek wisata di Purworejo, tidak hanya eksebisi atau show layang-layang yang dilaksanakan di Purworejo di tahun mendatang.

“Silakan datang ke obyek wisata selama libur Lebaran, manfaatkan moment liburan bersama keluarga, jangan lupa foto, capture, record dan rekam moment liburan lalu upload di sosial media. Selamat berlibur, selamat menikmati atraksi di berbagai daerah, salam Pesona Indonesia,” ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.


Kemenpar RI

  • Bagikan