Berjaya pada Babak Penyisihan, Tim Elektrobot UHO Melaju 8 Besar Lomba Robot Tematik 2021

  • Bagikan
Tim Elektrobot UHO saat sedang mengikuti kompetisi robot (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tim Elektrobot Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil lolos dalam babak delapan besar pada perlombaan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI) Tahun 2021 yang diselenggarakan secara online oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pertandingan Robot Tematik Indonesia ini berlangsung selama tiga hari dimulai pada 14 Oktober hingga 16 Oktober 2021, dengan diikuti sebanyak 24 universitas di Indonesia.

Tim UHO berhasil lolos setelah di babak penyisihan berhasil mengalahkan dua tim dari kampus lain. Kemudian, mereka akan berlaga besok dibabak delapan besar.

Pada pertandingan pertama yang digelar pukul 09.30 Wita, tim Elektrobot UHO melawan Universitas Pendidikan Indonesia menang dengan perolehan skor 18 – 0 dengan catatan waktu kemenangan 1 menit 2 detik.

Selanjutnya pada pertandingan kedua pada pukul 17.00 Wita, tim Elektrobot UHO melawan Politeknik Harapan Bersama dengan skor 30 -15, untuk keunggulan tim UHO.

Tim ini beranggotakan empat mahasiswa Teknik Elektro, yakni Safaruddin M sebagai ketua, Muhammad Hidayatullah Aspar selaku programmer, Maya Mirdawanti sebagai administrasi, dan Muhamad Faizal sebagai asisten mekatronik dibimbing langsung oleh Luther Pagiling Tang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Elektro UHO.

Ketua Tim Elektrobot UHO, Safarudin M mengatakan untuk lawan di babak selanjutnya timnya belum memastikan tim yang akan dilawan, mengingat babak penyisihan semua grup belum selesai dilakukan.

Baca:   Grab dan Gojek di Kendari Desak Tarif di Aplikasi Maxim Diproses

Kemudian, timnya sangat bersyukur bisa lolos pada babak selanjutnya dan semoga bisa memberikan yang terbaik buat UHO.

“Masuk delapan besar saja sudah sangat bersyukur, semoga kedepannya bisa memberikan yang terbaik bagi UHO,” ungkapnya, Jumat (15/10/2021).

Sementara itu, Pembimbing Tim Elektrobot UHO, Luther Pagiling mengatakan prestasi ini merupakan suatu kebanggaan yang tentunya tak lepas dari peran mahasiswa yang telah berusaha keras hingga sampai pada tahap ini.

“Saya sangat bangga dan tentunya itu juga tak lepas dari ketekunan yang mahasiswa terapkan dengan berlatih tiap harinya,” ujarnya.

Luther mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih kepada pihak Universitas yaitu Rektor UHO dan juga Dekan Teknik yang telah mendukung penuh kegiatan ini baik dari anggaran maupun sarana dan prasarana juga pihak Telkom yang telah membantu tim dalam kendala yang dihadapi perihal jaringan internet.

“Dukungan penuh tersebut sangat membantu kami mulai dari persiapan hingga lolos ke tahap delapan besar,” imbuhnya.

Dengan lolosnya tim Elektrobot ini artinya UHO mampu bersaing secara nasional dengan universitas lain yang ada di Indonesia.

Diketahui, kegiatan KRI 2021 terdiri dari 6 (enam) divisi yang seluruhnya diselenggarakan secara daring, yaitu:

1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)

Baca:   Masa Pandemi Covid-19, Peternak Dilatih Mahasiswa UHO Bikin Pupuk Organik

2. Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) – dahulu adalah divisi KRPAI

3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda

4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid

5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)

6. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI)

Pada kontes kali ini Universitas Halu Oleo mengirimkan 3 tim dengan tiga bidang lomba yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Namun, hanya Team Elektrobot dari divisi KRTMI yang berhasil melaju sampai sejauh ini.

Aturan mainnya, Robot mampu memainkan permainan tradisional Dam-daman, yang diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin dengan memindahkan koin di lapangan digital. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan