Berkat KKN di Desa Tanjung Tiram, Warga Bisa Nikmati Air Bersih yang Layak

  • Bagikan
Mahasiswa KKN Tematik Jurusan Kimia Fakultas MIPA UHO di Desa Tanjung Tiram, Moramo Utara. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Halu Oleo (UHO) di Desa Tanjung Tiram Moramo Utara, dorong pemenuhan kebutuhan air bersih melalui sistem desalinasi air laut untuk masyarakat.

Masyarakat yang bermukim di pesisir laut Kawasan Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan sudah sejak lama menghadapi masalah kesulitan air bersih.

Selama ini mereka mengandalkan sumber air bersih dari air hujan, atau air permukaan yang jumlahnya sangat terbatas atau bahkan harus membeli air bersih. Terlebih sumber air yang terdapat di kawasan ini bersifat sadah (mengandung garam).

Setidaknya, dalam waktu 30 hari terakhir, sejak 4 Agustus hingga 4 September 2022, kehadiran 16 orang mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Haluoleo di tengah-tengah masyarakat Tanjung Tiram memberikan suasana baru bagi warga setempat. Mereka mengenalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, melalui teknik reverse osmosis.

Antusiasme masyarakat setempat digambarkan kepala Desa Tanjung Tiram, Habir yang membenarkan kehadiran mahasiswa tematik di wilayahnya, sudah sangat membantu masyarakat.

“Sekarang warga kami sudah bisa menikmati air bersih yang layak, walaupun airnya berasal dari sumber yang sama,” jelas Habir, Selasa (6 September 2022).

Warga menurut Habir berharap, dimasa-masa mendatang, kegiatan KKN dapat memberikan pengetahuan seperti ini, dan bisa menumbuhkan inovasi-inovasi lain bagi masyarakat setempat.

Baca:   DPR RI dan OJK Edukasi Mahasiswa UMK Manfaat serta Resiko Jasa Keuangan

Kegiatan KKN Tematik di Desa Tanjung Tiram didampingi Tim Dosen Pendamping Lapangan yang diketuai oleh La Ode Ahmad, S.Si., M.Si., Ph.D. Adapun anggota tim yaitu La Ode Kadidae, S.Si., M.Si., Dr. Sitti Hadijah Sabarwati, S.Si., M.Si, Dr. Nohong, M.Si, Dr. Halimahtussaddiyah Ritonga, S.Si., M.Si., dan La Ode Abdul Kadir, S.Si., M.Si.

Selama satu bulan penuh mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas MIPA UHO selain menggelar praktek mengolah air yang bersadah (mengandung garam) dengan metode reverse osmosis, juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang air bersih layak konsumsi secara kimia fisika dan biologi.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan