Bermodal Ranting Pohon, Polsek Onembute Padamkan Kebakaran Alang-alang di Desa Kumapo

  • Bagikan
Suasana PNPP Polsek Onembute bersama Babinsa dan masyarakat memadamkan api yang membakar alang-alang di Desa Kumapo. (Foto: Ist)
Suasana PNPP Polsek Onembute bersama Babinsa dan masyarakat memadamkan api yang membakar alang-alang di Desa Kumapo. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kepolisian Sektor (Polsek) Onembute berhasil memadamkan api yang membakar alang-alang di lahan milik Mansyur di Desa Kumapo, Kabupaten Konawe, sekitar pukul 12.00 Wita, Kamis (25/11/2021).

Proses pemadaman api tersebut dipimpin langsung Kapolsek Onembute Ipda Syamsu Marlin, SH dibantu oleh PNPP Polsek Onembute, Babinsa, serta beberapa masyarakat setempat.

Kapolsek Onembute, Ipda Syamsu Marlin mengatakan, jika proses pemadaman api yang membakar alang-alang di lahan milik warga itu cukup berlangsung lama, dikarenakan alat yang digunakan terbilang sederhana yakni bermodalkan ranting pohon.

Sementara, keberadaan air dari lokasi tempat terjadinya kebakaran sangat tidak terjangkau dan terbilang cukup jauh dari lokasi kejadian kebakaran tersebut. Sehingga mereka hanya memanfaatkan alat seadanya.

“Pemadaman api hanya dengan menggunakan peralatan sederhana berupa ranting pohon dengan cara dipukulkan pada beberapa kobaran api yang menyala,” katanya melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/11/2021).

Syamsul Marlin menguraikan, proses pemadaman api yang cukup lama itu juga dikarenaan situasi terik matahari dan angin membuat api cepat meluas dan menyulitkan proses pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Sekitar pukul 13.30 Wita, api berhasil dipadamkan,” ungkapnya.

Diketahui dalam kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa maupun materil, adapun luas lokasi kebakaran diperkirakan sekitar kurang lebih 1 hektar, dan penyebab kebakaran belum diketahui.

Baca:   Polsek Onembute Ajak Pejabat Lintas Sektoral Diwilayahnya Menekan Penyebaran Covid-19

“Untuk penyebab kebakaran masih dilidik oleh Intel Polsek,” tandasnya. (C)

Laporan: Andi nur Aris.S
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan