BI-Basarnas Gelar Simulasi Penyelamatan Diri Saat Gempa

  • Bagikan
BI Sultra bersama Basarnas Kendari simulasi penyelamatan diri ketika gempa, Jumat (19/10/2018). (Foto: Rifin/SULTRAKINI.COM)
BI Sultra bersama Basarnas Kendari simulasi penyelamatan diri ketika gempa, Jumat (19/10/2018). (Foto: Rifin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bank Indonesia wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Basarnas Kendari menggelar simulasi penyelamatan diri ketika gempa, Jumat (19/10/2018). Karyawan BI diajari teknik antisipasi dini ketika gempa, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

“Kita berikan simulasi untuk BI bagaimana menyelamatkan diri saat berada di tempat kerja di luar maupun dalam ruangan, dan saat masih berada di atas kendaraan,” jelas A.M. Akbar selaku Perwakilan Basarnas Kendari dalam simulasi di pelataran Kantor BI Sultra.

Dalam materinya, Basarnas menyarankan ketika gempa, sebisa mungkin tidak panik. Sebagai bentuk perlindungan, bisa dilakukan dengan berlindung, berbaring, atau diam di tempat terbuka untuk mengurangi risiko cedera. Ada pula penanganan lainnya diajarkan Basarnas, yakni evakuasi korban serta memberikan pertolongan medis secara dini.

Dikatakan Kepala BI wilayah Sultra, Minot Purwahono, simulasi digelar guna mengantisipasi dini ketika terjadi bencana, utamanya edukasi kepada seluruh pegawai. Terlebih, mereka sebisanya tetap melayani masyarakat di berbagai kondisi, misalnya bencana.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Kita ambil ambil contoh kejadian di Sulteng yang tidak di sangka-sangka. Wilayah kita rawan bencana, untuk itu kami melaksanakan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana bersama Basarnas,” ucap Minot.

Baca:   Dorongan Pemerintah Pusat, APBD 17 Daerah di Sultra Capai Rp 15 Triliun

(Baca juga: Ini Daftar Gempa Di Sultra Dalam Dua Hari Terakhir)

(Baca juga: BMKG Selimuti Sulawesi Dengan Sensor Gempa, 2 Di Sultra)

Laporan: Rifin&Estin Wulandari
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan