Biro SDM Polda Sultra Gelar Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Bagi Konselor Psikologi

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KENDARI-Polda Sultra menggelar Lakatpuan di Aula Dharan Lastarya (Dhalas) pada Kamis ini, dalam rangka meningkatkan kualitas konselor psikologi pegawai negeri di tubuh kepolisian.

Acara yang dibuka oleh Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny K., S.I.K., M.H., bertujuan untuk memperkuat kualifikasi dan profesionalisme konselor dalam memberikan layanan konseling kepada personel Polda Sultra dan polres jajarannya.

Personel kepolisian, yang bertugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, juga sebagai penegak hukum, rentan terhadap tekanan fisik dan psikologis.

Masalah psikologis ini kadang-kadang menyebabkan sejumlah personel terlibat dalam pelanggaran disiplin, penyalahgunaan narkoba, pelanggaran kode etik, atau bahkan tindak pidana, yang secara langsung berdampak pada reputasi Polri.

Beberapa faktor pemicu meliputi pemisahan jangka panjang dari keluarga, perbedaan budaya tempat kerja, dan beban tugas yang berat dan berkesinambungan. “Ini menjadi sumber stres bagi personel, sehingga diperlukan manajemen stres yang tepat,” kata Kombes Beny.

Selain manajemen stres, dukungan sosial dari rekan kerja, atasan, dan konselor juga sangat penting dalam mendeteksi dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh personel.

Karo SDM berharap bahwa layanan konseling yang optimal akan membantu meningkatkan kompetensi personel Polri, sehingga dapat mengurangi jumlah personel yang mengalami masalah.

Laporan: Riswan

  • Bagikan