BKIPM Bagikan 2.000 Paket Ikan Seberat 5 Ton di Sultra pada Masyarakat Terdampak Covid-19

  • Bagikan
Kepala BKIPM Amdali Adhitama (tengah), Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah), Sekda, dan jajaran Forkopimda Sultra saat melepas penyaluran bantuan. (Foto: Ist)
Kepala BKIPM Amdali Adhitama (tengah), Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah), Sekda, dan jajaran Forkopimda Sultra saat melepas penyaluran bantuan. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2021, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI akan menyalurkan bantuan berupa ikan kepada masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terdampak pandemi Covid-19.

Tidak tanggung-tanggung, bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat adalah sebanyak 5 ton ikan yang dikemas dalam 2.000 paket kaleng bantuan akan diberikan di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sultra yaitu Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), dan Kota Kendari. Setiap daerah akan menerima 500 paket seberat 1,25 ton yang akan disalurkan pada tanggal 22 sampai tanggal 23 Juli 2021.

Kepala BKIPM Kendari, Amdali Adhitama mengaku bantuan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Bulan Mutu Karantina Ikan yang dilaksanakan setiap tahun oleh BPKIM dan KKP dan kegiatan ini merupakan ke enam kalinya diadakan.

“Pelepasan ikan sehat bermutu yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 ini merupakan kegiatan tahun ke dua yang dilaksanakan oleh BKIPM Kendari,” ujar Amdali Adhitama, Kamis (22/7/2021).

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Sultra yang terdampak pandemi serta dapat memenuhi kebutuhan pangannya.

Baca:   Pemkab Buteng Kebagian lagi 100 Paket Sembako dari Pemprov

“Khususnya ikan sebagai lauk yang menjadi salah satu biaya pengeluaran rumah tangga yang tergolong besar bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah,” ucapnya, Kamis (22/7/2021).

Dia juga menghimbau kepada bupati dan wali kota beserta jajaran pemerintahan daerah setempat untuk memberikan dukungan secara aktif guna menyukseskan penyaluran bantuan ini sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat bantuan tersebut.

“Satu hal yang membanggakan adalah ikan hasil tangkapan nelayan Sultra tidak hanya dikonsumsi dalam negeri, tetapi juga menjadi konsumsi masyarakat internasional. Sehingga dengan potensi itu, apabila dikelola secara baik, cerdas, serta bertanggung jawab maka, dapat dipastikan Sultra akan menjadi salah satu pilar utama masa depan Indonesia maju,” bebernya.

Orang nomor satu di Sultra ini juga meminta masyarakat agar bersabar dalam mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang sedang dijalankan pemerintah.

Kebijakan ini kata Ali Mazi, sebagai upaya pengendalian kasus Covid-19 di Sultra serta demi kesehatan, keselamatan, dan kebaikan bersama.

“Mengingat dalam beberapa hari terakhir ini masih ada penambahan kasus Covid-19 yang terbilang besar,” tutupnya. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan