BKKBN Berdayakan Masyarakat Kendari Tingkatkan Usaha Mikro

Admin - Tak Berkategori
  • Bagikan
Foto bersama usai pelaksanaan Poktan oleh BKKBN Kota Kendari bersama masyakakat. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Kendari akan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dalam rangka peningkatan usaha mikro pada program penanggulangan keluarga berencana di setiap kelurahan.

Dalam rangka meningkatkan usaha mikro di tengah masyarakat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Kendari, melakukan pembinaan bagi ibu-ibu rumah tangga di masing-masing kelurahan di kota kendari, hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan program penanggulangan keluarga berencana.

Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga BKKBN Kota Kendari, Rundu mengatakan salah satu program yang terus digalangkan pihaknya, yakni membentuk dan meningkatkan usaha-usaha mikro di masyarakat. Misalnya, peningkatan ekonomi masyarakat dari usaha kecil-kecilan. Ada juga, program Bina Keluarga Balita yang ada di setiap kelurahan.

“Kelompok ini mengurusi anak balita melalui kerja sama dengan posyandu sehingga anak-anak balita bisa terpantau pertumbuah dan perkembangannya,” kata Rundu, Kamis (8/2/2018).

Dia turut memperkenalkan program unggulan lainnya bernama Kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja yang dibentuk di beberapa sekolah dan lingkungan masyarakat.

“Melalui PIK Remaja, bagaimana membimbing para remaja dalam menjalani masa mudanya dengan baik tanpa penggunaan obat-obatan terlarang dan pergaulan bebas. Olehnya itu diperlukan pembentukan kelompok ini,” terang Rundu.

Baca:   Baru Satu SD dan SMP Terapkan Lima Hari Sekolah di Kendari

Dikesempatan tersebut, dia juga berharap pelayanan kepada masyarakat seperti itu terus di kembangkan dan ditingkatkan.

“Semua bagian dari program keluarga berencana, yakni dari dan untuk masyarakat, BKKBN hanya memfasilitasi,” ucap Rundu.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan