BKN Pastikan telah Menyiapkan Portal SSCASN, Intip Kelebihan dan Kekurangan Jadi PNS

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Tempo.co)
Ilustrasi. (Foto: Tempo.co)

SULTRAKINI.COM: Pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 direncanakan akhir oktober hingga November 2019. Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, menerangkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Rekrutmen CPNS 2019 sama denga tahun sebelumnya, yakni berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) BKN. Begitu juga portal yang digunakan sscasn.bkn.go.id.

“BKN telah menyiapkan infrastruktur portal SSCASN dan pelaksanaan seleksi berbasis CAT BKN sebagi tools utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS 2019,” jelas Ridwan, Kamis (17/10/2019).

Rekrutmen tahun ini dibuka dua jenis formasi, yaitu formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, dispora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat). Sementara jumlah formasi tersedia sebanyak 197.117, terdiri dari 37.854 formasi di instansi pusat dan 159.257 formasi di instansi daerah.

Diinfokan BKN bahwa pelaksanaan CPNS 2019 akan berlangsung lintas tahun atau hingga 2020.

Pengumuman pendaftaran direncanakan pada akhir Oktober hingga November 2019 yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

(Baca juga: Kuota CPNS 2019 di Kendari 97 Orang, Berikut Formasinya)

(Baca juga: Pemda Butur Mendapat 183 Kuota CPNS 2019, Ini Formasi Terbanyak)

(Baca juga: Rekruitmen CPNS 2019, Buteng Dapat Kuota 187)

Tahap berikutnya pembukaan registrasi daring secara online pada November 2019. Sedangkan Desember 2019 akan diumumkan hasil seleksi administrasi.

Baca:   Foto Situs CPNS 2018 Beredar, Ini Penjelasan BKN

“Dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020,” terang Ridwan.

Hasil SKD nantinya diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi hasil seleksi SKD dan SKB dijadwalkan pada April 2020.

Pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasi di laman dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN.

“Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses,” ucap Ridwan.

Kelebihan dan Kekurangan menjadi PNS
Total kuota formasi CPNS 2019 sebanyak 197.111. Secara rinci, formasi tersebut terbagi atas 63.000 formasi guru, 31.000 formasi tenaga kesehatan, dan 23.000 formasi tenaga teknis fungsional.

Puluhan ribu formasi ini tentunya akan diperebutkan oleh lebih banyak lagi pelamar. Tidak heran, jelang dibukanya rekrutmen-banyak masyarakat memadati sejumlah instansi pemerintah untuk melengkapi berkas lamarannya, misal Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Banyaknya masyarakat yang berharap besar menjadi PNS melalui seleksi CPNS tentunya kembali terpikirkan, apakah kelebihan dan kekurangan menjadi PNS.

Kelebihan PNS
1. Salah satu kelebihan PNS adanya tunjangan yang diberikan secara bersamaan dengan penerimaan gaji pokok di tiap bulannya. Aturan pemberian tunjangan PNS diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 tentang ASN sehingga dapat dipastikan PNS akan mendapatkannya.

Baca:   Forum Silaturahmi Keraton Nusantara Sultra Pertemukan Para Raja

2. Salah satu daya tarik sebagai PNS adanya uang pensiun yang didapatkan sesuai dengan tugas. Sistem tunjangan dibayarkan ketika PNS tersebut meninggal dan selanjutnya akan diberikan kepada keluarga yang berhak. Aturan tunjangan PNS diatur dalam Pasal 91 UU Nomor 15 Tahun 2014 tentang ASN

3. Sebagai PNS seseorang dianggap memilki status sosial yang lebih baik di mata masyarakat.

4. Status sebagai PNS memang menjadikan bank memberikan layanan dan kemudahan PNS untuk mengambil pinjaman.

5. Saat seseorang menjadi PNS pasti akan mendapakan gaji ketika golongannya naik, dan gaji juga akan bertambah ketika menduduki posisi yang penting.

6. Fasilitas yang bisa dinikmati PNS dari pemerintah adalah BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

7. Seorang PNS biasanya memiliki waktu kerja 8-9 jam setiap harinya.

8. Saat sudah menjadi PNS, Anda tetap bisa melanjutkan studi pendidikan yang meningkat agar nantinya digunakan untuk menaikkan golongan sekaligus menaikkan gaji.

9. PNS kerap disebut abdi negara karena merekalah yang ingin ikut andil terhadap negara dengan cara masuk ke dalam sistem ini akan lebih mudah.

Kekurangan PNS
1. Sebagai seorang PNS tentunya harus siap dipindah tugaskan ke tempat kerja sesuai keputusan pemerintah.

Baca:   Jadwal Penerimaan CPNS Belum Ditetapkan, BKPSDM Kendari Imbau Masyarakat Hati-hati Calo

2. Jalur karire yang panjang karena harus siap mengabdikan diri bagi negara dari mulai masuk hingga pensiun antara usia 60-65 tahun.

3. Sebagai PNS tidak gampang karena jam waktu kerja yang tidak berubah-ubah yang bisa menimbulkan rasa bosan.

4. PNS harus menaati segala aturan dan menjauhi larangan yang telah ditetapkan baik soal gaji, jam kerja, dan seragam.

5. Gaji seorang PNS tidak mudah naik begitu saja karena sudah diatur masalah ketetapan gaji PNS.

Sumber: Kompas.com
Laporan: Nuriyanti

  • Bagikan