BLK Kendari Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi, 4 Program Diajarkan

  • Bagikan
Pembukaan pelatihan berbasis kompetensi BLK Kendari. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan berbasis kompetensi institusional nonboarding tahap VIII dengan lima paket program yang akan diajarkan di Aula BLK Kendari, Rabu (8/9/2021).

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu, mengatakan dalam pelatihan ini terdapat empat aspek yang ditekankan untuk peserta, yaitu kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kecerdasan sosial. Hal tersebut untuk membangun hubungan yang baik dengan siapa saja agar mudah mendapatkan pekerjaan.

“Kalau empat hal itu kita miliki, niscaya kita bisa sukses,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan, waktu pelaksanaan pelatihan tahap VIII akan berlangsung sesuai dengan jadwal kejuruan masing-masing karena semakin sulit kejuruan semakin lama pula waktu pelatihannya.

Dalam kegiatan ini lima paket program yang diajarkan, yakni pembuatan roti dan kue II, tata rias pengantin muslim, asisten pembuat pakaian IV, menjahit pakaian wanita dewasa IV, dan teknisi akuntansi junior

Pelatihan ini, kata dia, diikuti 80 orang peserta dengan satu paket program diikuti sebanyak 16 orang.

“Namun karena kita menerapkan protokol kesehatan, satu ruangan dari 16 orang di bagi menjadi delapan orang,” tambah Haji Polondu.

Ia berharap peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sebab pelatihan ini tidak dipungut biaya, malahan peserta di berikan uang transpor.

Baca:   BLK Kendari Siapkan Tenaga Terampil di Muna

“Artinya kehadiran negara di sini, kita harus bersyukur dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Harapan lainnya juga disampaikan agar kemampuan peserta bisa lebih meningkat sehingga menghasilkan jasa atau produk yang berkualitas. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan