BLUD Konawe Gratiskan Layanan Pasien Masyarakat Kurang Mampu, Syaratnya

  • Bagikan
Gedung BLUD RS Konawe. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe, Sulawesi Tenggara terus berupaya memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan, salah satunya pelayanan khusus bagi warga.

Khusus bagi warga kurang mampu atau miskin, pihak BLUD RS Konawe akan menggratiskan seluruh biaya pengobatan pasien asalkan benar-benar golongan yang kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pemerintah setempat.

Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus Lahida, mengatakan pihak rumah sakit terus berupaya mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat, siapapun warga baik golongan kaya maupun miskin harus tetap mendapatkan pelayanan optimal.

Bahkan, jika persoalan pasien itu mendapatkan jaminan kesehatan atau tidak (BPSJK atau KIS). Intinya pasien dilayani terlebih dahulu pengobatannya.

“Kata kuncinya itu kita layani dulu, urusan administrasi persoalan di belakang. Jika pasien tidak punya biaya, nanti kita carikan solusi melalui beberapa alternatif,” jelasnya, Jumat (2 September 2022).

Dikatakan Agus, terdapat tiga alternatif yang akan dilakukan BLUD RS Konawe dalam penanganan pasien kurang mampu atau miskin yang berobat, meliputi tanggungan dana Konawe Gemilang, donasi sedekah seribu sehari, ataupun ditaktisi lewat program inovatif Kitapeduli.com.

“Selain itu, ada lagi tambahan dana dari Pemkab Konawe Rp 200 juta. Kita juga minta diporsikan lagi dana Konawe Gemilang lewat anggaran perubahan nanti,” ucapnya.

Baca:   123 Kades Dilantik, Jadikan Tata Kelola Keuangan yang Berkualitas dan dapat Dipertanggungjawabkan

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan