BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi pada 1-4 Juni 2022

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Sulawesi Tenggara mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi pada 1-4 Juni 2022. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengurangi aktivitas di area pesisir yang berpeluang terjadi gelombang, Rabu (1 Juni 2022).

Dalam laporan BMKG, tinggi gelombang hingga diperkirakan lebih dari 1,25-2,5 meter terjadi di perairan selatan Wakatobi bagian timur, serta laut Banda timur Sulawesi Tenggara bagian Selatan.

Pola angin umumnya dari timur laut sampai tenggara dengan kecepatan 2 sampai 20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Perairan Banggai bagian selatan dan laut banda timur Sulawesi Tenggara bagian selatan.

“Dengan adanya peringatan dini tersebut, masyarakat yang beraktivitas dan yang tinggal di bagian pesisir, diimbau tetap waspada terhadap adanya gelombang tinggi yang mengintai,” ucap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Sugeng Widarko.

Berikut sasaran keselamatan yang dikeluarkan oleh BMKG Kendari:

  1. Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter);
  2. Kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter);
  3. Kapal feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter);
  4. Kapal ukuran besar seperi kargo atau pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter). (C)
Baca:   Prakiraan Cuaca di Malam Penutupan HUT Sultra ke-55

Laporan: Sitti Apriyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan