BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi serta Prakiraan Cuaca di Sultra

  • Bagikan
Parkiraan cuaca pada 28 Juni 2021 di wilayah Sultra, (Foto: Dok. BMKG Kendari)
Parkiraan cuaca pada 28 Juni 2021 di wilayah Sultra, (Foto: Dok. BMKG Kendari)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dan peringatan dini cuaca di Privinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berlaku tanggal 28 Juni 2021 pukul 20.00 WITA sampai 01 Juli 2021 pukul 20.00 WITA.

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Provinsi Sultra, Faizal Habibie mengungkapkan pola angin umumnya dari timur laut sampai tenggara dengan kecepatan 2 – 25 knot. 

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Perairan Manui Kendari bagian timur, Perairan Utara Wakatobi bagian timur, Perairan Selatan Wakatobi bagian timur, Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara (bagian utara, timur, barat dan selatan),” bebernya, Senin (28/6/2021).

Lanjut Faizal, hal ini diakibatkan gelombang equtorial yang aktif seperti Low dan MJO, kelembaban di atmosfer lapisan rendah masih dingin lebih dari 80 persen, indeks labilitas masih kuat, serta suhu muka laut di perairan Sultra yang hangat ini semua menambah pembentukan awan hujan di Sultra terutama Sultra bagian timur.

Untuk prakiraan cuaca di Sultra, Faizal mengatakan dengan aktifnya gelombang equatorial yaitu Low dan MJO di wilayah Sultra serta adanya anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air).

Baca:   Gempa 3,6 SR Guncang Kendari

“Massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara. Faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan,” tambahnya.

BMKG menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati akibat dari peningkatan curah hujan tersebut dan selalu memperbarui informasi dari BMKG.

Diketahui, tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan berikut;

  1. Perairan Banggai bagian Selatan
  2. Perairan Teluk Tolo bagian Timur
  3. Perairan Teluk Tolo bagian Barat
  4. Perairan Manui Kendari bagia Timur
  5. Perairan Manui Kendari bagian Barat
  6. Perairan Baubau bagian Utara
  7. Perairan Baubau bagian Selatan
  8. Perairan selatan Wakatobi bagian Barat

Untuk tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan berikut;

  1. Perairan utara Wakatobi bagian Timur
  2. Perairan utara Wakatobi bagian Barat
  3. Perairan selatan Wakatobi bagian Timur
  4. Laut Banda timur Sultra bagian Timur
  5. Laut Banda timur Sultra bagian Selatan
  6. Laut Banda timur Sultra bagian Utara
  7. Laut Banda timur Sultra bagian Barat

BMKG menyarankan terhadap perairan dengan gelombang tinggi agar selalu memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran: Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Baca:   BMKG: Sultra Akan Masuk Musim Penghujan

Untuk itu dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Berikut, wilayah yang berpotensi hujan sedang yang disertai guntur dan angin kencang pada (28/6/2021) yaitu Konsel (siang,sore,dini hari), Butur (siang, sore, dini hari), Konawe (siang, sore), Kendari (siang,sore,dini hari), Konkep (dinihari), Konut (dini hari), Buton (dini hari), Bau-bau (dini hari), Buteng (Dini hari).

Lanjut, tanggal (29/6/2021) yaitu Kendari (siang, sore, dini hari), Konsel (siang, sore), Konkep (siang,sore, dini hari), Konawe (siang,sore), Konut (siang, sore), Kolut (malam). Dan tanggal (30/6/2021) yaitu Konawe (siang, sore), Kendari (siang, sore), Konsel (siang, sore), Konut (siang, sore). (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan