BMKG Ungkap Penyebab Hujan di Wilayah Sultra, Berikut Prakiraan Cuaca Tiga Hari Kedepan

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berlaku mulai 1 Juli 2021 hingga 3 Juli 2021 mendatang. 

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengungkapkan penyebab hujan yang sering terjadi belakangan ini disebabkan adanya gangguan regional yaitu gelombang equatorial type low frekuensi yang membawa masa udara basah masuk ke wilayah Sultra.

Selain itu, juga ditambah dengan gangguan lokal seperti labilitas yang cukup kuat, dan hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Sultra. Faktor tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan.

“Itu semua berakibat pada peningkatan curah hujan di Sultra terutama wilayah rtimur Sultra,” tutur Faizal, Kamis (1/7/2021).

Untuk itu, lanjut dia, BMKG menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati akibat dari peningkatan curah hujan tersebut dan selalu memperbarui informasi dari BMKG.

Berikut prakiraan cuaca 3 hari kedepan untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang di wilayah Sulawesi Tenggara Kamis (1/7) Kabupaten Konkep (pagi, dini hari), Konut (pagi, malam, dan dini hari), Butur (pagi, siang, dan dini hari), Kendari (malam, dini hari), Wakatobi (dini hari), Kolut (dini hari).

Baca:   Gempa Tektonik Guncang Wilayah Kolaka Tidak Berpotensi Tsunami

Lanjut, Jumat (2/7) yaitu Konkep (pagi hari), Butur (pagi hari), Konut (pagi hari), Kolut (siang, sore hari), Kolaka (siang, sore hari). Serta Sabtu (3/7) yaitu Konut (pagi hari), Konkep (pagi hari). (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan