BNNK Baubau Periksa Urine Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Baubau

  • Bagikan
Pengambilan sampel urin Hakim dan Pegawai di Pengadilan Negeri Baubau untuk dilakukan pemeriksaan. (Foto: Ist)
Pengambilan sampel urin Hakim dan Pegawai di Pengadilan Negeri Baubau untuk dilakukan pemeriksaan. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Baubau melakukan pemeriksaan urine kepada Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Kota Baubau, Rabu (17/3/2021).

Ketua Pengadilan Negeri Baubau, Rommel Fransiskus Tampubolo mengatakan pemeriksaan urine dilakukan bukan hanya kepada 4 orang orang Hakim tetapi juga pada karyawan dan karyawati di Pengadilan Negeri Baubau yang total keseluruhan sebanyak 20 orang.

Rommel berharap pemeriksaan urine ini menjadi filter buat PN untuk tidak melakukan perberbuatan yang menyimpang khususnya melakukan penyalahgunaan narkotika.

“Kami mendukung program yang dilakukan oleh BNN Baubau ini sebagaimana perintah dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkotika pada masa yang akan datang,” kata Rommel, Rabu (17/3/2021).

Ditambahkan Humas Pengadilan Negeri Baubau, Fikar menjelaskan pemeriksaan urine bagi Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Baubau merupakan bentuk pertanggungjawaban moral kepada masyarakat Kota Baubau khususnya pada masyarakat yang pernah di adili.

“Bahwa dalam wilayah hukum jajaran pengadilan negeri juga di awasi tidak hanya menegakkan hukum dan mengadili pada masyarakat tetapi kita juga melakukan sebuah pertanggung jawaban hukum dan pertanggungjawaban moral,” ujar Fikar.

Pengadilan Negeri Baubau kata Fikar, juga akan membentuk Satgas Anti Narkoba bekerjasama dengan BNN sebagaimana yang di amanatkan oleh Inpres Nomor 2 Tahun 2020.

Baca:   Andi Merya Mengisi Plt Bupati Koltim, "Ingatkan Saya Jika Ada Kekeliruan"

Pengadilan Negeri, lanjut dia, juga selama ini telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui penyuluhan hukum di setiap sidang, pada saat yang tepat menurut para Hakim. Jadi sebelum sidang di tutup atau diantara pemeriksaan persidangan, pihaknya menyampaikan efek dari narkoba, dampak dari narkoba sehingga informasi narkoba dapat tersampaikan terkhusus pada pemeriksaan kasus kasus narkotika.

Dalam pemeriksaan urine ini BNNK menugaskan 8 personil untuk mendukung kelancaran kegiatan ini. Adapun hasilnya pemeriksaan 4 orang hakim dan pegawai pengadilan Negeri Baubau dinyatakan bersih atau negatif dari penyalahgunaan narkoba oleh BNN Kota Baubau. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan