BNNP Sultra Beri Penguatan IAIN Kendari menjadi Kampus Bersinar

  • Bagikan
Kunjungan koordinasi Bidang P2M BNNP Sultra ke Rektor IAIN Kendari. (Foto: Dok.BNNP Sultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara tengah berupaya memberikan penguatan ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari untuk jadi kampus atau universitas bersih dari narkoba (Bersinar). Misalnya dengan kunjungan koordinasi yang dilakukan bidang pencegahan dan pemberantasan narkoba (P2M).

Upaya tersebut tengah dilakukan BNNP Sultra melalui kunjungan koordinasi langsung bidang pencegahan dan pemberantasan narkoba (P2M) ke Rektor IAIN Kendari pada Rabu, (17/2/2021) kemarin.

Koordinator Bidang (P2M BNNP Sultra, Harmawati, mengatakan kunjungan koordinasi ke IAIN Kendari guna percepatan pembentukan universitas bersih narkoba dan menindaklanjuti persiapan pelaksanaannya.

“Kampus Bersinar merupakan wujud kolaborasi para akademisi dan BNN dalam memerangi bahaya narkoba. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan kampus dalam program pencegahan dan pemberantasan narkoba,” jelasnya, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, IAIN Kendari merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sultra yang menjadi target pencanangan program Kampus Bersinar dengan mempertimbangkan rekam jejak penerapan kebijakan dan aktivitas pencegahan narkoba di kampus itu.

Menanggapi hal itu, Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad mendukung sepenuhnya implementasi Kampus Bersinar. Kata dia, aturan dan kebijakan pencegahan narkoba sudah diimplementasikan di lingkungan kampus menyusul tingginya kesadaran sivitas akademika terhadap bahaya peredaran narkoba yang mengancam kualitas generasi bangsa.

“Kami siap mendukung gerakan ini, pada prinsipnya IAIN Kendari memiliki komitmen yang sama dengan BNN, yaitu tidak memberi ruang terhadap masuknya narkoba di lingkungan perguruan tinggi Islam yang dapat membahayakan generasi bangsa,” ucapnya dilansir dari Sultra.Antaranews.com, Kamis (18/2/2021).

Baca:   Wali Kota Sulkarnain Buka Kesempatan 7 Hari bagi Warga Berwisata di Jembatan Teluk

Dukungan dari program tersebut akan ditindaklanjuti dengan gerakan pencegahan dengan melaksanakan tes urine bagi dosen dan mahasiswa.

Selain itu IAIN Kendari akan mengaktifkan kelompok kerja antinarkoba yang melibatkan unsur institut, fakultas, unit relawan perguruan tinggi.

Gerakan antinarkoba di IAIN Kendari juga apresiasi dari BNN RI melalui pemberian penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika pada puncak peringatan Hari Antinarkotika Internasional pada 26 Juni 2020.

Penghargaan bertaraf nasional ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen IAIN Kendari dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba di lingkungan kampus empat tahun terakhir.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan