BNNP Sultra Screening Test 155 Peserta Wisuda IAIN Kendari 

  • Bagikan
Pengambilan sampel screening test calon wisuda IAIN Kendari, (Foto: Ist) 
Pengambilan sampel screening test calon wisuda IAIN Kendari, (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Upaya pencegahan dini penyalahgunaan narkotika, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara melakukan screening test (tes urine narkoba) kepada 155 orang calon wisudawan dan wisudawati dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, Senin (14/6/2021).

Sebelum screening test ini dilakukan diawali dengan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba, di Aula Mini IAIN Kendari.

Agenda sosialisasi dan screening test BNNP Sultra ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat meski dilakukan ditengah pandemi Covid-19, seperti penggunaan masker, pengukuran suhu badan peserta, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum memasuki ruang sosialisasi.

Berdasarkan hasil screening test, seluruh calon peserta wisuda IAIN Kendari seluruhnya dinyatakan negatif atau bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Kendari, Dr. Abbas, yang membuka sosialisasi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BNNP Sultra atas kesediaanya mengedukasi seluruh mahasiswa calon wisudawan dan wisudawati.

Sehingga ini menunjukkan bahwa selama ini mahasiswa betul-betul menuntut ilmu dengan baik dan juga menjadi bekal ketika keluar dari kampus.

Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra, Yuyun Yulianti, menjelaskan sosialisasi bdan screening test ini bertujuan agar para peserta wisuda menjadi imun dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan menciptakan lingkungan pendidikan bebas narkoba.

Baca:   Tukang Ojek di Kendari Ini Terancam Hukum Mati

“Pelaksaan tes urine ini sangat penting agar mencetak wisudawan dan wisudawati yang unggul dan berdaya guna bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Selain dari itu, Yuyun juga menyatakan bahwa pentingnya pelaksanaan deteksi dini bagi calon wisudawan/wisudawati, khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari.

Olehnya itu, dia berharap kepada para calon wisudawan dan wisudawati pasca sosialisasi ini, mereka bisa menjadi perpanjangan tangan BNNP Sultra dalam mencegah peredaran gelap narkoba dilingkungan sekitar masing-masing, lingkungan keluarga, teman, maupun ditempat yang akan mereka tuju selanjutnya dalam melanjutkan pendidikan. (Adv)

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan