Bombana Tampilkan Motif Kepala Kuda pada Pameran Kriyanusa

  • Bagikan
Ketum Dekranasda Bombana Fatmawati Kasim M (tengah) bersama tim Dekranasda Kabupaten Bombana di sela acara Kriyanusa 2023 di JCC, Rabu (13 September 2023). Foto: IST.
Ketum Dekranasda Bombana Fatmawati Kasim M (tengah) bersama tim Dekranasda Kabupaten Bombana di sela acara Kriyanusa 2023 di JCC, Rabu (13 September 2023). Foto: IST.

SULTRAKINI.COM: First Lady Indonesia, Iriana Joko Widodo, dan istri Wakil Presiden, Hj Wury Ma’ruf Amin, memukau para tamu undangan saat mereka membuka secara resmi Pameran Nasional Kriyanusa 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (13 September 2023). Acara prestisius ini dihadiri oleh para pemimpin dan perajin dari seluruh penjuru nusantara.

Sebagai Ketua Dewan Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Iriana Jokowi memberikan sambutan yang penuh semangat kepada hadirin. Dia menyatakan bahwa pameran ini adalah kesempatan sempurna untuk mempromosikan kekayaan budaya dan kreativitas perajin Indonesia.

Pameran Kriyanusa merupakan panggung bagi semua provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk memamerkan produk-produk khas mereka.

Salah satu sorotan utama dari pameran ini adalah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, yang memperkenalkan motif baru dalam kain tenun mereka – kepala kuda. Motif ini menggambarkan sejarah penting kuda dalam kehidupan masyarakat Bombana.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Hj Wury Ma’ruf Amin, sangat antusias tentang pameran ini. Dia menyebutnya sebagai “wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya menakjubkan perajin Indonesia.”

Ketua Dekranasda Sultra, Dra Wa Ode Munanah, menjadi pusat perhatian dalam fashion show yang digelar sebagai bagian dari acara. Dia mengenakan busana dengan motif kepala kuda Kabupaten Bombana dan aksesori kalung dengan motif Buburi Pererei. Motif-motif ini mengandung filosofi historis yang masih berperan penting dalam budaya masyarakat setempat.

Pada akhir acara, Ketua Umum Dekranasda Bombana, Hj Fatmawati Kasım Marewa, menegaskan komitmennya untuk mengikuti saran dan konsep yang telah diberikan oleh Ketua Umum Dekranasda, Hj Wury Ma’ruf Amin, untuk mengembangkan produk-produk kerajinan di Bombana.

Pameran Kriyanusa 2023 tidak hanya menjadi panggung bagi keindahan dan keragaman budaya Indonesia, tetapi juga menjadi ajang untuk mengenalkan motif baru yang menghormati sejarah dan filosofi setempat.

Acara ini menandai kreativitas dan dedikasi perajin Indonesia dalam melestarikan warisan budaya bangsa.

Laporan: Shen Keanu

  • Bagikan