BPK RI Bericatatan Terkait LKPD Wakatobi Tahun 2018

  • Bagikan
Sekda Wakatobi, La Jumadin menyerah dokumen Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Sekda Wakatobi, La Jumadin menyerah dokumen Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Walaupun meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2018, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan catatan terkait sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi.

Pj. Sekda Wakatobi, La Jumadin, mengatakan opini WTP yang diraih Pemda Wakatobi atas LKPD 2018, masih terdapat beberapa hal terkait sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang perlu menjadi perhatian untuk perbaikan tata kelola kedepan

loker wartawan sultrakini

Pertama, pertanggungjawaban hibah, sosial dan belanja bantuan keuangan belum tertip. Kedua, pengelolaan aset dilingkup OPD belum tertip. Ketiga, Pelaksanaan belanja yang diserahkan pada masyarakat yang belum tertip. Keempat, kesalahan pengelolaan penganggaran belanja barang dan belanja modal. Kelima, berbagi temuan terkait kepatuhan terhadap peraturan perundang -undangan lainnya.

“Oleh karena itu untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang ideal, diharapkan kerjasama keseriusan perangkat daerah dalam hal ini OPD selaku penamggung jawab anggaran dan pengguna barang sebagi bagian yang tak terpisahkan untuk terus meningkatkan kualitas tata kelolah keuangan dan aset yang menjadi tanggungjawabnya,” kata Jumadin saat membacakan sambutan Bupati Wakatobi dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Wakatobi, Selasa (2/7/2019).

Untuk diketahui, BPK RI memberikan predikat WTP atas LKPD Wakatobi 2018 pada 21 Mei 2019 lalu. Hasil audit tersebut diserahkan oleh Ketua BPK Sultra Hermanto dan diterima Bupati Wakatobi Arhawi didampingi Ketua DPRD Sudirman. A Hamid di Kendari. Penghargaan tersebut sudah lima kali berturut-turut sejak 2014.

Baca:   Pertahankan WTP Tiga Kali Berturut-turut, Pemkab Koltim Diberikan Penghargaan

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

loker marketing sultrakini
  • Bagikan