BPMP Sultra Luncurkan Unit Layanan Terpadu (ULT) Online untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat Pendidikan

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KENDARI-Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara resmi menggelar acara Soft Launching Unit Layanan Terpadu (ULT) Online di Aula Garuda BPMP Sultra, Pada Rabu, 3 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses informasi, layanan, dan konsultasi yang lebih mudah dan efisien bagi masyarakat pendidikan di Sulawesi Tenggara.

Unit Layanan Terpadu (ULT) Online BPMP Sultra merupakan sebuah sistem layanan terpadu untuk masyarakat pendidikan, meminta informasi, menyampaikan pengaduan, bertanya, berdialog, memberikan saran dan masukan, serta melakukan konsultasi secara daring. Sistem ini terintegrasi dengan email, SMS, dan telepon, memberikan kepastian bahwa setiap tanggapan akan diberikan dengan baik dan profesional.

Junaiddin Pagala, Kepala BPMP Sulawesi Tenggara, menyatakan bahwa pembentukan Unit Layanan Terpadu (ULT) Online untuk mengatasi keterbatasan akses yang selama ini dialami oleh masyarakat di daerah-daerah terpencil. “Dengan layanan ini, masyarakat dapat berinteraksi secara online dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama dengan Dinas Pendidikan, Sekolah, Guru dan Kepala Sekolah. Akses informasi menjadi lebih mudah, sehingga seluruh sekolah dan guru dapat memanfaatkan layanan ini dengan optimal,” ujarnya.

Unit Layanan Terpadu (ULT) Online BPMP Sultra menyediakan tiga jenis layanan untuk memastikan seluruh ekosistem pendidikan dapat terlayani dengan baik:

1. ULT Tatap Muka: Layanan langsung di kantor BPMP Sultra bagi mereka yang bisa datang langsung.

2. ULT Online: Layanan daring yang bisa diakses dari mana saja untuk mereka yang tidak bisa datang langsung.

3. ULT Keliling: Layanan kunjungan langsung ke tempat pemohon bagi yang tidak bisa menggunakan layanan online atau datang ke kantor.

Pada tahap awal, BPMP Sultra fokus pada sosialisasi internal dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sebagai tim pengembangan. “Layanan ini tidak hanya dibuat dan diberikan begitu saja, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak terkait. Nantinya, layanan ini akan diintegrasikan ke dalam laman resmi BPMP Sultra, sehingga tercipta konsep one-stop service,” tambahnya.

Dengan adanya Unit Layanan Terpadu (ULT) Online, diharapkan seluruh kebutuhan informasi dan layanan pendidikan di BPMP Sultra dapat terpenuhi dengan lebih mudah dan efisien. Layanan ini juga diharapkan dapat mendukung program Merdeka Belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara.

Laporan: Nurtiah

  • Bagikan