BPN Muna Raih Dua Keberhasilan Tingkat Nasional, Siap Bagikan 2.000 Sertifikat

  • Bagikan
Kepala BPN Muna, Muhammad Ali Mustapah. (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)
Kepala BPN Muna, Muhammad Ali Mustapah. (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Baru memasuki semester pertama tahun 2022, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna sudah mendapat dua keberhasilan tingkat nasional dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Republik Indonesia.

Dua keberhasilan itu yakni, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) mendapat peringkat pertama dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) mendapat peringkat kedua.

Kepala kantor BPN Muna, Muhammad Ali Mustapah, mengatakan capaian kinerja BPN Muna untuk semester pertama tahun 2022 ada dua hal, yakni pelaksanaan program strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) mendapat peringkat pertama dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) mendapat peringkat kedua.

“BPN Muna mendapat peringkat pertama secara nasional dan ini disampaikan oleh Menteri Agraria beberapa hari lalu pada rapat kerja nasional dan untuk IKPA, BPN Muna mendapat peringkat kedua nasional,” kata Muhammad Ali, saat ditemui di kantornya, Kamis (11 Agustus 2022).

Dia menerangkan, BPN Kabupaten Muna berhasil meraih peringkat terbaik program nasional PTSL karena bisa menuntaskan program pada semester pertama dari alokasi 2.000 bidang tanah sertifikat gratis.

Dalam menuntaskan pekerjaan yang menjadi program nasional itu, kata dia, BPN Muna selalu mensinergikan antara pekerjaan fisik dan realisasi anggaran, sehingga turut meraih peringkat kedua pengelolaan IKPA.

“Dari kedua kinerja itu, BPN Muna selalu berkerja taat pada asas dalam proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengawasan, dan evalusi pekerjaan di semester pertama,” ungkapnya.

Baca:   Dinas ESDM Sultra Awasi Dugaan Penyalahgunaan IUP PT KSM

Muhammad Ali juga menyampaikan, sesuai jadwal yang direncanakan, 2.000 bidang sertifikat tanah akan diserahkan dalam waktu dekat, hanya saja menunggu petunjuk teknis dan arahan dari Kementerian ATR-BPN.

“Sertifikatnya sudah siap dibagikan, 2.000 bidang tanah yang menjadi jatah Kabupaten Muna berlokasi di Kecamatan Kabawo, yakni Desa Bea, Kontumere, Kelurahan Laimpi, dan Desa Wantiworo,” ucapnya.

Ia menyatakan, dua keberhasilan yang diraih BPN Muna tingkat nasional merupakan kebanggan tersendiri yang didapat pada semester pertama dan prestasi itu diraih tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Muna. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan