BPS Kolaka akan Sensus Pertanian 2023, Apa itu?

  • Bagikan
Kantor BPS Kabupaten Kolaka. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Badan Pusat Statistik Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara akan melakukan Sensus Pertanian 2023. Agenda ini dimaksudkan untuk memetakan masalah pertanian dan pangan nasional.

Sensus Pertanian 2023 merupakan kegiatan yang digelar setiap sepuluh tahun sekali atau sejak 1963. Hasil dari pendataan ini akan menjadi pendukung arah kebijakan nasional maupun global terhadap kemajuan sektor pertanian.

loker wartawan sultrakini

“Menjawab isu global, seperti ketahanan pangan, kualitas, dan keamanan pangan. Mendata jumlah petani di Kolaka, usianya, serta menghitung banyak kemajuan petani di Kolaka. melalui Data ini kita mengetahui seberapa rentan Indonesia terhadap isu-isu global yang ada,” ucap Kepala BPS Kolaka Ade Ida Mane, Selasa (3 Januari 2023).

Menyangkut detail agendanya, BPS Kabupaten Kolaka sedang menunggu koordinasi dengan BPS Pusat. Namun dipastikan sensus berlangung pada 1-31 Mei mendatang.

Untuk diketahui, kabupaten Kolaka memiliki 12 kecamatan, 35 kelurahan, dan 100 desa. Jumlah penduduknya sebanyak 238.352 jiwa dengan kepadatan 73 jiwa/kilometer persegi pada 2021. (C)

Laporan: Andi Lanto
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
Baca:   Operasi Karantina Digelar, Menyasar Komoditas Pertanian Masuk ke Kendari
  • Bagikan