Brimobda Sultra Bagikan Ratusan Kantong Daging Kurban pada Masyarakat

  • Bagikan
Proses pembagian hewan kurban oleh Brimobda Sultra. (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)
Proses pembagian hewan kurban oleh Brimobda Sultra. (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Satuan Brimob Polda Sultra turut melaksanakan penyembelihan hewan kurban 1442 Hijriah atau 2021masehi. Tahun ini tercatat ada 49 ekor hewan yang disembelih. Rinciannya 26 ekor penyembelihan di Mako Brimob, lalu 16 ekor di Batalyon B Batauga dan Batalyon C Lasusua 7 Ekor.

Komandan Satuan Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga, menuturkan penyembelihan hewan kurban merupakan rutinitas setiap tahun. Hanya saja tahun ini agak berbeda dimana steriliasi hewan kurban sangat diperhatikan. Mengingat situasi pandemi Covid-19 menjadi salah satu pemicunya, termasuk untuk menerapkan protokol kesehatan.

Adarma menyebutkan, untuk mengecek kesehatan hewan – hewan kurban, Brimob Polda Sultra melibatkan Dinas Peternakan setempat demi keamanan dan keselamatan daging kurban saat nantinya dikonsumsi.

“Jadi sebelum dilakukan pemotongan  dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter hewan. Semua hewan telah dipastikan sehat dan aman,” kata Kombes Pol Adarma Sinaga (20/07/2021).

Hewan kurban yang telah disembeli dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan di sekitar Mako dan sebagian di wilayah kelurahan/desa di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Targetnya, masyarakat, purnawirawan dan mahasiswa,” ucapnya.

Akibat situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda sehingga proses pembagiannya dilakukan langsung ke rumah-rumah warga untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Baca:   UMK Beri Sinyal Mitra di Penarikan KKA di Desa Namu

“Kami akan mengantarkan hewan kurban langsung ke alamat rumah warga yang telah diberikan kupon dan didata langsung oleh personil. Ada 580 kantong daging yang diberikan ke masyarakat dibeberapa tempat, diantaranya warga di Kelurahan Baruga, Lalowiu, Konda, Ranomeeto dan Anggoeya,” ujarnya.

Hewan kurban yang disembelih Brimobda Sultra merupakan partisipasi personil yang ingin melaksanakan kurban. Kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa bakti Brimobda Polda Sultra kepada seluruh masyarakat. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan