Buat Turis Heran, Berikut 4 Kebiasaan Unik Orang Indonesia

  • Bagikan
Tisu toilet di meja makan.
Tisu toilet di meja makan.

SULTRAKINI.COM: Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai macam adat, kebudayaannya. Meskipun memiliki keberagaman dari sabang sampai merauke, masih ada saja hal-hal unik lainnya menjadi fokus para turis saat berkunjung ke Indonesia. Hal inilah yang menjadi pembeda antara orang Indonesia dengan lainnya.

Hal yang membuat para turis terheran-heran, yaitu kebiasaan orang Indonesia. Sebenarnya kebiasaan yang dilakukan oleh orang Indonesia itu adalah kebiasaan yang muncul begitu saja dan tanpa disengaja terus dilakukan di kalangan masyarakat.

Kebiasaan seperti apa sih yang membuat para turis itu terheran-heran dan bahkan membuat mereka tertawa?

Berikut daftar kebiasaan orang Indonesia yang dianggap unik atau lucu di mata turis.

1. Makan dengan menggunakan tangan
Kebiasaan unik pertama menurut para turis adalah menyuap makan menggunakan tangan. Di negara barat, hampir tidak ada orang-menyuap makanan dengan menggunakan tangan dan sebaliknya mereka lebih menggunakan peralatan makan. Sedangkan di Indonesia sendiri, banyak sekali orang memilih menggunakan tangan dibandingkan peralatan makan seperti sendok karena menurut masyarakat Indonesia makan dengan tangan itu lebih nikmat dan seru. Dari hal inilah yang membuat para turis heran karena merupakan hal yang tidak pernah mereka bayangkan dan lihat sebelumnya.

Baca:   Rita Irawati Priatna: Enterpreneur yang Sadar Perlunya Kemandirian Perfilman Indonesia

2. Belum makan nasi berarti belum makan
Hal unik lainnya menurut para turis adalah ketika masyarakat Indonesia makan tanpa nasi maka itu belum dikatakan sudah makan, meskipun makan makanan lain, misalnya mi instan, hamburger, dan pizza. Hal ini dikarenakan nasi menjadi makanan pokok yang dikonsumsi oleh orang Indonesia dan menjadi makanan pendamping makanan lainnya.

3. Tidak memakai tisu di toilet
Mayoritas orang Indonesia tidak menggunakan tisu di toilet karena mereka lebih membutuhkan air. Kenapa begitu? Karena menurut orang Indonesia menggunakan air di toilet lebih bersih dibandingkan menggunakan tisu.

4. Tisu toilet di meja makan
Kebiasan berikutnya adalah menggunakan tisu toilet sebagai tisu makanan. Seperti yang kita ketahui yang namanya tisu toilet pasti digunakan untuk toilet. Sedangkan masyarakat Indonesia ada yang menggunakan meletakan tisu toilet di atas meja untuk membersihkan sesuatu. Secara logis hal ini dianggap sebagai hal tidak sopan dan kurang etis namun sampai sekarang tisu yang biasanya dijadikan tisu toilet terus dijadikan tisu makan di warung-warung. Kebiasan ini kemudian berkembang dan terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Sumber: IDN Times&Dewa Ilmu
Laporan: Nurul Sadrina Sari

  • Bagikan